Dark/Light Mode

Setiap Krisis Lahirkan Pemimpin Tangguh

Jari Gus Yaqut Nunjuk Ke Erick

Jumat, 2 Juli 2021 07:20 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat Launching Nasional Program Pendampingan dan Pemberdayaan UMKM di Jakarta, Rabu 30 Juni 2021. (Foto: Twitter @YaqutCQoumas)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat Launching Nasional Program Pendampingan dan Pemberdayaan UMKM di Jakarta, Rabu 30 Juni 2021. (Foto: Twitter @YaqutCQoumas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut ada hikmah di balik krisis yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Salah satunya, kata pejabat yang akrab disapa Gus Yaqut ini, lahirnya pemimpin tangguh. Siapa dia? Jari Gus Yaqut langsung nunjuk ke Menteri BUMN, Erick Thohir.

Pernyataan itu disampaikan Gus Yaqut saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama, antara PT Pos Indonesia, BNI, dengan GP Ansor. Kerja sama tersebut dilakukan untuk program pemberdayaan dan pendampingan UMKM. Erick ikut hadir di acara tersebut.

Baca juga : Gus Yaqut Puji Kerja Keras Erick

“Dalam setiap krisis, termasuk krisis kesehatan, selalu melahirkan pemimpin. Dan hari ini, kita melihat hikmahnya, telah lahir pemimpin kita. Namanya, Erick Thohir,” puji Gus Yaqut sambil menatap dan menunjuk Erick.

Ketua Umum GP Ansor itu mengaku, mendapatkan ilmu itu dari hasil lawatannya ke sejumlah kiai di beberapa daerah. Kegiatannya melakukan kunjungan ke sejumlah kiai, merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi.

Baca juga : KPK Kembangkan Dugaan Pemberian Uang Dari Azis Syamsuddin Ke Penyidiknya

Yaqut mengaku, Selasa (29/6) malam akan terbang ke Uni Emirat Arab. Namun, Selasa (29/6) siangnya, dia ditelpon Presiden Jokowi. Jokowi meminta dirinya menunda lawatannya ke salah satu negara di Timur Tengah itu. Lalu memerintahkannya untuk berkeliling mengunjungi para kiai dalam rangka meminta doa terkait penanganan pandemi.

Karena diminta bosnya, Yaqut membatalkan terbang ke Abu Dhabi. Ia justru mengunjungi sejumlah kiai kharismatik dari Jawa Barat sampai Jawa Timur. Total, ada 28 pesantren yang dikunjungi. Di momen itulah, Yaqut bersama tim GP Ansor dan 2 Dirjen Kementerian Agama, meminta doa ke para kiai, agar pandemi segera berakhir. “Kata para kiai cari hikmahnya saja, pasti ada hikmahnya,” ungkap politisi PKB ini.

Baca juga : DKPP: PSU Bisa Ciptakan Laporan Pelanggaran Etik

Hikmah lahirnya pemimpin seperti Erick ini yang akhirnya dirasakan Gus Yaqut. Pujian Gus Yaqut kepada Erick bukan sekedar basa-basi. Menurutnya, Erick merupakan figur pemimpin yang memang lahir di tengah krisis. Cepat, tanggap dan mampu mencari solusi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.