Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puas Lihat Hari Pertama PPKM Darurat

Luhut: 2 Minggu Ini Masa Kritis

Minggu, 4 Juli 2021 08:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) saat meninjau sentra vaksinasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (3/7/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) saat meninjau sentra vaksinasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (3/7/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berjalan lancar. Personel gabungan yang sudah sibuk sejak Sabtu (3/1) dini hari, sukses menghalau mobilitas warga. Jalan-jalan protokol langsung sepi. Bandara, Stasiun Kereta Api, Terminal hingga Pelabuhan, tidak penuh sesak oleh warga yang bepergian. Luhut Binsar Pandjaitan selaku komandan PPKM Darurat mengaku puas. Namun, dia mengingatkan, 2 minggu ini masa-masa kritis. Jadi, jangan sampai lengah!

Di Ibu Kota Jakarta, personel kepolisian yang dibantu TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, sudah beraksi sejak pukul 00.00 WIB. Beberapa ruas jalan Ibu Kota yang berhubungan dengan daerah penyangga seperti Depok, Bekasi dan Tangerang, langsung ditutup. Kendaraan dari luar daerah yang akan masuk ke Jakarta, juga langsung diputar balik.

Tak hanya di jalur biasa, penyekatan masuk Ibu Kota juga terjadi di sejumlah ruas tol. Beberapa gerbang exit tol seperti di Semanggi, Slipi, Cawang juga ditutup. Ini membuat jalan-jalan protokol sepi. Hanya angkutan umum yang terlihat mondar-mandir di jalan. Warga Jakarta yang biasanya sepedaan di Jalan Sudirman-Thamrin, juga memilih diam di rumah.

Baca juga : Hari Pertama PPKM Darurat, Luhut Blusukan Ke Bandara Soekarno-Hatta

Di Yogyakarta, hampir semua ruas jalan sepi dari aktivitas warga. Jalanan di pusat Kota Yogyakarta, khususnya Malioboro, Mangkubumi, Jalan Solo, Jalan Kusumanegara, hingga Jalan Jenderal Soedirman yang biasanya padat kendaraan, amat lengang. Lapak-lapak pedagang di kawasan Malioboro yang biasanya rame, sepi. Para pedagang memilih menutup lapak dagangannya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Bandung. Jalan raya di sekitar pintu tol menuju Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, lengang. Di pintu tol Pasteur yang biasa selalu rame setiap akhir pekan, lengang.

Lancarnya penerapan PPKM Darurat di hari pertama ini diakui Luhut Pandjaitan. Sejak pagi hari, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi ini jadi salah satu orang yang paling sibuk. Dia kontak-kontakan dengan sejumlah gubernur, pangdam, dan kapolda mengenai pelaksanaan PPKM Darurat di daerah-daerah.

Baca juga : Hari Pertama PPKM Darurat, Polda Jatim Berangkatkan Patroli Show Of Force

Tak hanya menerima laporan via telepon. Pria kelahiran Toba 73 tahun silam itu, juga mengunjungi Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dalam kunjungan tersebut, Luhut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan pimpinan PT Angkasa Pura II.

Tak berhenti sampai di situ. Luhut bersama Menkes, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto juga menggelar konferensi pers soal Harga Eceran Tertinggi (HET) obat dalam penanganan Covid-19, secara virtual yang diinisiasi Kementerian Kesehatan.

Ia mengungkapkan, meski baru sehari, PPKM Darurat berjalan sesuai ekspektasi. Namun, di balik kepuasannya itu, terdapat peringatan ke masyarakat. Menurutnya, dalam 10 hari sampai dua minggu ke depan, jumlah kasus Crona bisa terus naik.

Baca juga : Tito: Tak Perlu Panik

“Karena masalah inkubasi dari pada varian ini masih jalan. Jadi, dua minggu ini, masa kritis buat kita,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.