Dark/Light Mode

RI Berpotensi Tambah 20 Perusahaan Rintisan Unicorn

Erick Dorong BUMN Biayai Startup Lokal

Selasa, 6 Juli 2021 05:43 WIB
Menteri BUMN Erick Tho­hir. (Foto : Istimewa).
Menteri BUMN Erick Tho­hir. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Telkomsel, Bank Mandiri, BRI, sudah beberapa kali mena­namkan uangnya ke perusahaan teknologi lokal. Semakin banyak yang berkontribusi akan sema­kin bagus,” imbuh Huda.

Sementara bagi BUMN, lanjutnya, equity financing ini juga akan semakin memper­luas diversifikasi pendapatan ke sektor teknologi. Dengan perkembangan digital yang semakin besar, maka potensi keuntungan bagi investor juga akan meningkat.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Erick Thohir Dorong BUMN Kembangkan Kreatifitas Dan Inovasi

“Saya rasa tidak perlu untuk membentuk holding capital venture khusus BUMN. Jadi, biar masing-masing BUMN saja yang memberikan secara lang­sung sesuai dengan tujuan dan core business masing-masing BUMN ini,” sarannya.

Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Aestika Oryza Gunarto menyatakan, pihaknya men­dukung pengembangan peru­sahaan rintisan lokal melalui pembiayaan khusus. Bahkan, dalam dua tahun terakhir, me­lalui BRI Ventures (anak usaha BRI) telah memberikan in­vestasi kepada belasan startup dari berbagai sektor usaha dan seri pendanaan.

Baca juga : Dishub Sulap Kawasan Stasiun Gondangdia Jadi Satu Arah

“Melalui hasil investasi terse­but, telah tercipta beberapa hasil kerja sama strategis yang memberikan dampak langsung kepada BRI,” jelasnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebagai contoh, kerja sama BRI dengan TaniHub untuk me­nyalurkan Kredit Modal Kerja (KMK) bagi sektor pertanian dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) hingga Rp 200 miliar melalui TaniFund. Selain itu, telah terjadi juga kolaborasi antara TaniHub dengan BRI Agro, selaku digital attacker BRI yang dikemas dalam pro­gram bernama Indonesia Tani.

Baca juga : RNI Group Resmikan Kantor dan Gudang Baru Di Semarang.

Tujuan utama dari program ini, sambung Aestika, guna memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian. “Sekaligus upaya BRI memperbaiki ma­salah supply chain di industri pertanian dengan pendekatan digital,” tutupnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.