Dark/Light Mode

Bicara Negara Gagal

Ibas Bikin Panas

Kamis, 8 Juli 2021 07:40 WIB
Ketua Fraksi Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Istimewa)
Ketua Fraksi Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kendati demikian, dia memastikan, pemerintah tidak tersinggung dengan pernyataan Ibas. Justru, kritikan Ibas menjadi motivasi agar negara bisa segera mengatasi pandemi. “Biar saja itu DPR menggunakan hak-haknya untuk bisa terus bersuara,” ujarnya.

Sementara, politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno menilai kritikan Ibas sejalan dengan harapan semua pihak. “Siapapun tidak ingin melihat kesulitan dan situasi darurat yang ada membuat negara menjadi negara gagal fiskal atau negara gagal total,” jelas Hendrawan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut dia, kritikan Ibas momennya tepat dan mencerminkan posisi politik Demokrat dalam kontestasi politik. Secara implisit, menurutnya, pernyataan Ibas seperti menunjukkan Demokrat memiliki resep-resep yang tepat dalam situasi darurat. “Ini vitamin,” bebernya.

Baca juga : Dilarang Makan Di Warung, Ganjar Habiskan Ransum Bikinan Istri Di Parkiran

Kritikan ibas itu bikin panas twitland. Ada warganet yang mendukung, ada juga yang menyerang. Misalnya akun @muannas_alaidid yang meminta, Ibas tidak menggangu kerja pemerintah dalam menangani Corona.

“Jangan suka usilan, Covid ini wabah global bos, mendunia, erat kaitan dengan kedisiplinan warganya tak hanya soal upaya pemerintah. Kalian urus Hambalang di atas tanah sepitik aja gagal,” cuitnya.

@FerdinandHaean3 pun menyindir Ibas. Dia meminta, Ibas tidak khawatir dengan penanganan Corona. “Tenang mas, nggak usah kuatir, masih ada Jokowi, Luhut, Ferdinand, dan yang lain-lain. Dukung ya mas..!!,” cuitnya.

Baca juga : Tindak Tegas Kepala Daerah Yang Abaikan PPKM Darurat

@BennyHarmanID juga takut Indonesia jadi negara gagal. Dia awalnya menyinggung PPKM Darurat.

“Bapak Presiden Jokowi Yth, jika rakyat disuruh diam di rumah saja selama 20 hari, dilarang buka warung, pasar ditutup, siapa gerangan yang memberi mereka makan? Adakah negara menyiapkan sembako untuk rakyat?. Saya khawatir, di tangan bapak negara gagal lindungi rakyatnya.#Liberte!,” ujarnya.

Akun @_wiranto22 menilai negara sudah gagal dalam memerangi Corona. “Negara gagal untuk melindungi rakyatnya dari penyebaran wabah Covid dan gagal memberikan rasa aman serta tidak dapat menanggung kehidupan mereka dengan baik,” cuitnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.