Dark/Light Mode

Tinjau Rusun Pasar Rumput, Presiden: Satu Tower Sudah Siap

Kamis, 8 Juli 2021 09:43 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito meninjau Rusun Pasar Rumput di Jakarta, Rabu (7/7),
Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito meninjau Rusun Pasar Rumput di Jakarta, Rabu (7/7),

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi  meninjau kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, yang dijadikan tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 pada Rabu (7/7) malam.

Rusun tersebut, disiapkan Pemerintah sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Saat ini, kasus aktif harian terus naik puluhan ribu dan mencatatkan rekor baru. Begitu juga dengan angka kematian. Dalam sehari, 1.000 nyawa melayang direnggut Corona. 

“Saya bersama Menteri PUPR dan Kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput sebagai ruang isolasi pasien-pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan OTG,” ujarnya dalam keterangan di lokasi selepas peninjauan dikutip Setkab.go.id.

Baca juga : 60 Tahun Jokowi, Nurbaya Sebut Presiden Kita Seorang Rimbawan

Di sana, Presiden langsung menuju tower satu, lalu naik menuju lantai 8 yang nantinya akan diperuntukkan bagi para pasien. Sementara itu, akomodasi untuk para tenaga kesehatan akan disiapkan di lantai 4. Rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower. 

Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. 

Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas totalnya mencapai 5.950 tempat tidur.

Baca juga : Jadi Ruang Isolasi Covid-19, Rusun Pasar Rumput Dipasangi AC

“Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta kepada seluruh kepala daerah, baik yang berada di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Pulau Jawa dan Bali untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan pandemi di daerahnya masing-masing.

“Mengontrol kesiapan-kesiapan, baik itu obat-obatan, alat kesehatan, tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,”pintahnya.

Baca juga : Warga Takut Tertular Pedagang Ogah Rugi

Presiden juga mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras menangani pandemi ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan, dan seluruh relawan yang telah bekerja pagi, siang, dan malam dalam rangka menangani Covid-19 ini,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.