Dark/Light Mode

Rumah Bunda Sehat Edukasi Ibu-Anak Cegah Stunting Hingga Covid-19

Kamis, 8 Juli 2021 14:53 WIB
Webinar edukasi bertajuk Menjaga Ibu dan Anak Tetap Sehat dan Bugar (Foto: Istimewa)
Webinar edukasi bertajuk Menjaga Ibu dan Anak Tetap Sehat dan Bugar (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kepala Seksi Pengarus Utamaan Gender, Bidang Kualitas Keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi Titiek Nurhayati Purwanto menyebutkan, 1 dari 8 kasus Covid-19 adalah anak-anak. Sebanyak 3-5 persen di antaranya meninggal dunia, dan 50 persen kasus meninggal adalah anak balita. Karena itu, ibu dapat berperan untuk melindungi keluarga dari infeksi Covid-19, mulai dari asupan gizi yang baik hingga memperketat protokol kesehatan.

Selain pemberian gizi seimbang yang berkualitas baik, terdapat banyak pula tips agar ibu dapat berkegiatan bersama anak di rumah, untuk menjaga kesehatan mereka selama pandemi. Salah satunya adalah membuat jadwal harian yang menarik seperti belajar daring, memasak, atau bermain bersama. 

Baca juga : SiCepat Ekspres Kucurkan Rp10 Miliar Bantu Tanggulangi Covid-19

"Selanjutnya, berikan penghargaan kepada anak agar ia termotivasi untuk melakukan hal-hal baik. Selain itu, ajak anak untuk tetap beraktivitas fisik agar bugar, bermain bersama si Kecil, hingga bercocok tanam," sarannya.

Tidak hanya pemerintah, lanjutnya, berbagai pihak mulai dari dunia usaha hingga lembaga kemasyarakatan perlu bergandengan tangan mengawal penurunan angka stunting bahkan di tengah pandemi. Rumah Bunda Sehat merupakan salah satu contoh komunitas yang berkontribusi pada kesehatan ibu anak sejak dulu, terutama dalam pencegahan sunting maupun penanganan kesehatan ibu anak.

Baca juga : Satpol PP Tanah Abang Bantu Evakuasi Jenazah Warga Covid-19

Vice President Human Initiative Andjar Radite berterima kasih atas kerja sama dengan Rumah Bunda Sehat maupun Danone Indonesia, dukungan pemerintah, dan komitmen masyarakat dalam pencegahan stunting. Sebagai lembaga kemanusiaan yang bertujuan untuk membangun kemandirian masyarakat, pihaknya fokus membangun pengetahuan dan keterampilan, hingga pemberdayaan masyarakat. 

"Rumah Bunda Sehat merupakan salah satu bentuk komitmen kami. Kami harap ini dapat mendorong lebih banyak kolaborasi untuk edukasi kesehatan ibu anak agar bisa sehat dan bugar,” tutup Andjar. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.