Dark/Light Mode

Ki Hadjar Dewantara Rame-rame Dipasang Politisi

Jumat, 3 Mei 2019 08:35 WIB
Ki Hadjar Dewantara Rame-rame Dipasang Politisi

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap tanggal 2 Mei, seluruh masyarakat Indonesia memperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Tak hanya upacara, perlombaan dan kegiatan positif lainnya.

Hardiknas juga dibanjiri dengan berbagai ucapan dari berbagai tokoh dan elite politik. Warganet juga ingin memeriahkan Hardiknas dengan membuat gambar meme di dunia maya.

Andi agung @agung_dy, contohnya sengaja mengunggah meme untuk memperingati Hardiknas. Di meme yang dibuatnya, ia sengaja memajang foto Foto Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional.

Di dalam meme itu, ia menukilkan pernyataan dari sang pahlawan. Isinya : Jadikan setiap tempat sebagai sekolah. Jadikan semua orang sebagai guru. Tak mau kalah, Andi agung @agung_dy juga ikut memberikan kata-kata mutiara. “Nyalakan pelita. Terangkan cita-cita,” tulis dia.

Baca juga : Bahagia Merampok Plastik

Banyak juga tokoh yang ingin mengucapkan peringatan Hardiknas. Mahfud MD @ mohmahfudmd mengatakan Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2018.

Menurut Pembukaan UUD 1945 pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan mencerdaskan otak manusia. Mencerdaskan kehidupan berarti mencerdaskan otak dan memuliakan watak. Menguatkan IMTAQ dan memajukan IPTEK.

Bekas ketua umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie @aburizalbakrie juga mengucapkan Hardiknas. “Pendidikan Adalah Kunci Kemajuan Bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional.”

Fadli Zon @fadlizon mengatakan jangan pendidikan dimaknai sebatas transfer pengetahuan. Pendidikan harus dimaknai secara paripurna, menyentuh aspek karakter, literasi dan kompetisi. Selamat Hari Pendidikan Nasional. 2 Mei 2019.

Baca juga : Hari Ini, Menteri Agama Diperiksa KPK

Dahnil Anzar Simanjuntak ikut juga. Kata @dahnilAnzar pendidikan itu harus membebaskan, menggembirakan, mencerahkan dan memajukan. Selamat hari pendidikan nasional.

Wakil ketua MPR, Hidayat Nur Wahid melalui @hnurwahid ikut menyambar. Dia bilang, tanggal 2 Mei, lahirnya Ki Hajar Dewantara, Hari Pendidikan Nasional.

Diantara ujaran Tokoh yang ajarkan pentingnya pendidikan karakter ini adalah :”Ing ngarso sung tulodo(di depan menjadi teladan)”. Maka (dalam Pemilu pun) berjuanglah jadi yang terdepan, teladan dalam kebaikan.

Sama, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir @haedarnasir mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. “Ketika Indonesia harus memfokuskan diri pada pembangunan sumberdaya manusia memasuki era revolusi industri 4.0 yang penuh tantangan dan kompetisi, maka keberadaan dan peran lembaga pendidikan Muhammadiyah sangatlah penting dan menentukan.”

Baca juga : Lagi, Prabowo Deklarasi Kemenangan Pilpres

Lanjut, Sudirman Said @sudirmansaid mengatakan Hari lahir Ki Hadjar Dewantara, seorang bangsawan yang memilih jalan menjadi politisi idealis, membela pribumi yang tertindas, kolumnis, dan pendidik. “Kita rindu masa lalu, ketika politisi adalah pendidik & pejuang bagi si lemah.” [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.