Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Posko PPKM Di Pasar

Kapolri: Ekonomi Dan Prokes Harus Jalan Bersama-sama

Kamis, 29 Juli 2021 07:10 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok. Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok. Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sejak 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Dalam perpanjangan ini, pemerintah melakukan pelonggaran terhadap pusat perekonomian, seperti pasar rakyat yang diperbolehkan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajaran korps baju cokelat untuk mendirikan posko PPKM yang berlokasi di pasar rakyat. Langkah ini diambil Sigit agar disiplin protokol kesehatan (prokes) dan kegiatan perekonomian rakyat berjalan beriringan.

“Seluruh jajaran membentuk posko PPKM di pasar untuk antisipasi pelonggaran ekonomi kerakyatan,” tegas Sigit dalam keterangan tertulis, kemarin.

Baca juga : Kapolri Pastikan Perekonomian Dan Prokes Jalan Beriringan

Sigit memberi penekanan tugas petugas posko PPKM di pasar, yakni memastikan peda­gang maupun pengunjung mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, petugas juga menerapkan sistem satu pintu atau one gate system di pasar agar kapasitas pengunjung terpantau dan dapat dikendalikan demi mencegah kerumunan.

“Juga menyiapkan lokasi cuci tangan, membagikan masker, pengaturan jaga jarak antar pedagang serta melakukan random check swab antigen,” imbuh eks Kabareskrim Polri ini.

Baca juga : Jaga Prokes, Polri Bentuk Posko PPKM Di Pasar Tradisional

Pada saat pengunjung hendak masuk pasar, Sigit mengingatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh.

Mantan Kadiv Propam Polri ini juga mengarahkan agar tiap pos PPKM menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 serta menggencarkan penyaluran bansos bagi warga yang ekonominya terdampak situasi pandemi.

Sigit meminta polisi berkoordinasi dan bersinergi dengan para stakeholder. “Pemberdayaan koordinator pengawas disiplin prokes dengan melibatkan petugas keamanan atau paguyuban pelaku usaha,” tutur Sigit.

Baca juga : Menko PMK Serukan Pemda Kebut Proses Vaksinasi Tahap Pertama

Pembentukan posko PPKM pasar mulai aktif sejak Selasa (27/7). Tercatat 9.213 posko PPKM di seluruh Indonesia sudah didirikan TNI-Polri dan para relawan.

Berdasarkan data Polri, 295 unit mobil untuk vaksinasi mobile juga telah dikerahkan. Mobil untuk vaksinasi ini tersebar di puluhan Polda. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.