Dark/Light Mode

Makin Marak

Maling Bansos Belum Tobat

Minggu, 8 Agustus 2021 07:20 WIB
Ilustrasi, Bantuan Langsung Tunai (BLT). (Foto: Antara)
Ilustrasi, Bantuan Langsung Tunai (BLT). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Duit bansos tunai yang dipotong itu ialah bantuan Kemensos tahap 5 dan 6 di Desa Pasirtalaga, Kecamatan Telagasari, Karawang. Ade mengaku, telah menyerahkan berkas permohonan laporan beserta kelengkapan dokumen sebagai barang bukti kepada Kejari Karawang.

Di Banyumas, Jawa Tengah juga terjadi kejadian yang sama. Polresta Banyumas mengaku tengah menyelidiki dugaan penyunatan bansos. Kepolisian telah menerima laporan empat perwakilan penerima manfaat yang mengalami penyunatan bantuan. Dalam cerita warga, bantuan pangan yang mereka terima tidak genap Rp 200 ribu.

Baca juga : Duel Balas Budi

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Golkar, Ace Hasan Syadzily menyayangkan masih terjadinya pemotongan bansos. Menurut dia, pemotongan bansos itu tak boleh terjadi dengan alasan apa pun.

“Jika masalahnya soal pemerataan penerima bantuan sosial, sebaiknya Kepala Desa mengajukannya ke Kemensos melalui dinas sosial setempat,” ujarnya.

Baca juga : Makin Happy, Makin Terjaga Dari Ancaman Covid, Benarkah?

Ace juga telah meminta Risma membenahi data penerima bansos. “Dengan begitu, bantuan bisa tetap sasaran,” ujarnya.

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah tidak memungkiri persepsi publik bahwa bansos merupakan bancakan. Baik di pusat maupun daerah.

Baca juga : LaNyalla Minta Sandi Segera Cairkan Bansos Pelaku Pariwisata

Selain itu, lemahnya penegakan hukum bagi pemotongan bansos membuatnya subur. “Pengawasan lemah. Terutama di daerah. Data yang ada pun tanpa verifikasi pusat,” imbuh Trubus. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.