Dark/Light Mode

Fadli Zon Kritik Lomba Tulis “Hormat Bendera Menurut Hukum Islam”

PBNU: BPIP Justru Bantu Santri Mensyukuri Kemerdekaan

Sabtu, 14 Agustus 2021 17:59 WIB
Ketua PBNU, Marsudi Syuhud. (Foto: ist)
Ketua PBNU, Marsudi Syuhud. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mendukung lomba penulisan artikel nasional yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. 

Marsudi merespons Fadli Zon. Politikus Gerindra itu mengkritik tema lomba ‘Hormat Bendera Menurut Hukum Islam’ dan ‘Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’ yang dinilai produk Islamophobia. 

Menurut Marsudi, lomba tersebut justru baik untuk melatih kemampuan santri berpikir runut, tertata dan menuangkannya dalam sebuah tulisan. Selain itu menumbuhkan rasa syukur terhadap kemerdekaan. 

Baca juga : BPIP Kena Semprot Lagi

"Ini bisa jadi tempat latihan bagi para santri untuk membuat karya tulis ilmiah.  Judulnya bisa apa saja. Dimulai dari yang sederhana bagaimana menghormati bendera," kata Marsudi saat dikontak, Sabtu (14/8). 

Wakil Ketua MUI ini justru mendukung tema tersebut lantaran pas momen 17 Agustusan. Kata Marsudi, lomba tersebut bisa membantu generasi muda untuk memahami, menghormati dan bersyukur bahwa sesepuh dan pinisepuh bangsa telah melakukan hal besar sampai mengorbankan jiwa untuk memerdekakan Indonesia. 

Kedua tema, lanjut Marsudi, bisa memotivasi para santri untuk menjaga Tanah Air. "Kalau tidak terjaga kedaulatannya, Tanah Air bisa berantem sendiri. Nah spiritnya kesitu," tukasnya.

Baca juga : Survei Charta Politica: 72,4 Persen Responden Bersedia Divaksin

Sebagaimana diketahui BPIP menggelar berbagai macam lomba dari Juni-Agustus. Lomba tersebut untuk menggiatkan internalisasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Lomba yang diadakan dari tingkat PAUD, Sekolah Dasar sampai mahasiswa. Bahkan masyarakat umum dan kalangan aparatur negara. Pengumuman pemenang saat peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus. 

Selain untuk mempopulerkan kembali nilai luhur Pancila, perlombaan ini juga sebagai ajang menggali innovasi dan kreativitas masyarakat terutama kalangan anak muda.

Berbagai perlombaan dapat diakses melalui website bpip.go.id. Tema perlombaan 'Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh.' Adapun kegiatan yang dilombakan antara lain pembuatan cerita permainan tradisional dalam bentuk video, penulisan esai dengan tema 'Teladan Pancasila Aparatur Negara', vlog dengan tema :Kibarkan Sang Merah Putih di Tiang Tertinggi', serta ajang kreativitas anak Indonesia jenjang PAUD mewujudkan Indonesia tangguh dengan tema 'Gotong Royong Kolaboratif Membangun Karakter Bangsa'.

Baca juga : Panglima TNI: Untuk Menang Perang Lawan Covid, Amunisi Harus Cukup

Adapun pemenang Lomba Orasi 1 Juni telah diunggah di akun Instagram @BPIPRI. Sebelumnya nominasi pemenang telah ditayangkan secara streaming melalui channel youtube @BPIPRI. Pemenang lomba lain akan diumumkan kemudian Agustus ini.

Belakangan, melalui akun Instagram @BPIPRI juga mengumumkan lomba menulis essay dalam rangka Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober mendatang. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.