Dark/Light Mode

Data Bakal Disajikan Real Time

Satgas Bersyukur, Tren Kasus Corona Membaik

Senin, 16 Agustus 2021 07:07 WIB
Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting. (Foto: Dok. BNPB)
Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membantah isu pemerintah berencana menghapus data sementara kematian Covid-19.

Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting menegaskan, tidak ada rencana itu. Yang ada, pemerintah hanya merapikan data.

Berita Terkait : Satgas : Belum Ada Bukti, Hewan Positif Covid-19 Menularkan Virus Ke Manusia

“Perlu harmonisasi data dan merapikan data, sehingga data ini sesuai,” ujar Alexander, kemarin.

Menurut dia, upaya pemerintah itu guna mendorong para pekerja di bidang data entry, reporting dan pencatatan berjalan lebih baik. Nantinya, diharapkan dapat menciptakan penyesuaian data secara real time.

Berita Terkait : Jelang PPKM Level 4 Berakhir, Kasus Corona DKI Terus Menurun

“Karena pemerintah melakukan evaluasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4 dan 3, dan evaluasi itu ada yang per minggu dan per dua minggu,” jelasnya.

Masyarakat, menurut Alexander, memiliki wewenang untuk melihat berbagai indikator dalam rangka penanggulangan Covid-19, termasuk angka kematian.

Baca Juga : Bamsoet Pastikan Presiden Hadiri Sidang Tahunan MPR

Dia juga menegaskan, seluruh data Covid-19 dari pemerintah dapat dipastikan kebenarannya. Namun, tingginya laporan dari berbagai provinsi, kota, kabupaten, desa dan rumah sakit seringkali membuat data tidak disampaikan secara real time.
 Selanjutnya