Dark/Light Mode

BGS: Kita Akan Hidup Dengan Corona 5-10 Tahun

Senin, 16 Agustus 2021 22:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BNPB)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan, pandemi Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Pandemi baru mungkin berubah menjadi epidemi dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun.

"Kalau kita amati, sepertinya kita akan lebih lama hidup dengan virus ini. Nggak akan virus ini cepat hilang. Mungkin akan berubah menjadi epidemi dan kita masih hidup dengan mereka selama bisa 5 tahun, bisa 10 tahun, bisa juga lebih lama dari itu," ujar Budi dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022, Senin (16/8).

Baca juga : Corona Malaysia Berujung Suksesi

Karena itu, menurut mantan Dirut Bank Mandiri itu, target pemerintah bukan untuk langsung menghilangkan atau menghapus pandemi. Tapi, mengendalikan pandemi dengan memastikan laju penularan virus selalu di bawah kapasitas dari layanan kesehatan yang disediakan.

Penerapan protokol kesehatan yang dibantu teknologi informasi menjadi hal mutlak yang mesti dilakukan agar aspek ekonomi dan kesehatan tetap berjalan. Semua sektor perlu diatur protokol kesehatannya agar bisa menjadi bagian kehidupan normal masyarakat.

Baca juga : Ketagihan Judi, Dosen Jual Nilai Selama 7 Tahun

Budi bilang, masyarakat tidak perlu khawatir. Pelaksanaan kehidupan di aspek ekonomi bisa sama normalnya dengan aspek kesehatan. Artinya, tidak akan ada dampak yang memengaruhi dari satu aspek ke aspek lainnya.

Empat Strategi Pengendalian Pandemi
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.