Dark/Light Mode

Keren, Warga Disabilitas Banyak Yang Ikut Vaksinasi

Senin, 23 Agustus 2021 07:28 WIB
Pemerintah percepat vaksinasi kelompok disabilitas. (Foto :
Pemerintah percepat vaksinasi kelompok disabilitas. (Foto :

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok disabilitas dipercepat dengan fokus di enam provinsi. Yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Akun Lawancovid19_id mengungkapkan, percepatan vaksinasi untuk warga disabilitas ini dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain itu, bekerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta.

“Seluruh masyarakat Indonesia berhak divaksinasi dan terlindungi dari paparan virus Covid-19. Vaksin aman dan terbukti melindungi. Jadi, ayo divaksin saat vaksinnya tersedia,” ujar lawancovid19_id.

UJudesss mengungkapkan, Pemerintah memfasilitasi kelompok disabilitas untuk melakukan vaksinasi dengan cara menjemput ke rumah dan mengantarkan ke tempat vaksinasi. Kata dia, cara ini harus terus kita dukung agar Indonesia segera mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

Baca juga : Bos Apindo Dorong Kebut Vaksinasi

“Keren nih, percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di wilayah Jawa dan Bali, berhasil terlaksana berkat kerja sama banyak pihak dalam melakukan pendaftaran dan mengatur mobilisasi masyarakat lansia dan penyandang disabilitas ke sentra vaksinasi,” tutur myozhyme.

Ndrongselow menilai, keberhasilan vaksinasi disabilitas merupakan langkah positif menghapus diskriminasi. Khususnya dalam pemenuhan hak kesehatan bagi kelompok disabilitas.

“Dijemput dan diperlakukan khusus, sungguh luar biasa. Bagi teman-teman difabel jangan takut vaksin, hak kita sama,” tegasnya.

S4fitr1HS mengungkapkan, upaya vaksinasi untuk penyandang disabilitas ditargetkan rampung pada Oktober 2021. Adapun vaksin yang digunakan adalah produksi Sinopharm yang merupakan hibah Raja Uni Emirat Arab.

Baca juga : Guru Besar FKM UI: Masyarakat Jangan Tunda Vaksinasi!

GustiMberkahi mengatakan, di masa pandemi Covid-19, penyandang disabilitas juga memerlukan bantuan. Karena vaksin untuk difabel untuk meningkatkan imunitas mereka terhadap virus Corona.

“Top ini ide. Vaksinasi buat disabilitas. Semoga Indonesia terbebas dari virus Covid-19. Salam Indonesia sehat,” ujar tonaytoni. “Yuks dukung terus vaksinasi untuk penyandang disabilitas,” kata alonecool3.

Menurut kissonetwo15, vaksinasi untuk kelompok disabilitas merupakan bentuk kepedulian Pemerintah kepada rakyat tanpa terkecuali. Putrivio3 menegaskan, semua warga negara berhak mendapat vaksin.

“Vaksin harus merata untuk semua lapisan masyarakat,” kata AriNazila_. “Pukul rata semua yang memang memenuhi syarat vaksin akan mendapat vaksin secepatnya,” sambung indahjegeg14. “Pengamalan sila kedua dan kelima,” tambah Na_Aca_.

Baca juga : Bersama Polsek Jatisampurna, Universitas Dian Nusantara Gelar Vaksin Merdeka

__RismaWidiono_ mengatakan, tingginya antusias penyandang disabilitas mengikuti vaksinasi Covid-19 patut dicontoh. Kata dia, meski dengan keterbatasan, para disabilitas tetap bersemangat mendapatkan vaksin.

“Para penyandang disabilitas saja semangat divaksin, masa kita nggak mau divaksin,” kata kabulslipi. “Hectic tapi senang, lihat rekan-rekan disabilitas sadar vaksin,” ujar yacchanskt.

Sementara me_zhu__Yusra meminta kepala daerah memudahkan akses vaksinasi Covid-19 bagi kelompok disabilitas di wilayah masing-masing. Dia menyarankan Dinas Kesehatan memberikan layanan vaksin dengan cara mobile/kunjungi rumah-rumah para disabilitas.

“Soalnya, banyak kawan difabel yang benar-benar nggak bisa keluar rumah,” kata budhihermanto. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.