Dark/Light Mode

Jokowi Minta Koalisi Istana

Golkan Lima Sasaran Besar

Kamis, 26 Agustus 2021 08:05 WIB
Beginilah suasana pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para ketum dan sekjen parpol pendukung pemerintah, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/8/2021). (Foto: Istimewa)
Beginilah suasana pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para ketum dan sekjen parpol pendukung pemerintah, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/8/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Apa lima poin itu? Pertama, terkait perkembangan dan evaluasi penanganan pandemi Covid-19. Partai koalisi bersyukur, penanganan pandemi mulai membuahkan hasil positif berkat dukungan dan kerja sama semua elemen masyarakat.

Kedua, terkait perekonomian nasional, pencapaian makro ekonomi, dan tantangan ekonomi nasional ke depan. Pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan sentimen positif diharapkan terus terjadi di kuartal-kuartal berikutnya.

Baca juga : Gibran Mulai Izinkan Mall Dibuka Secara Normal

Selanjutnya, ketiga, strategi ekonomi dan bisnis negara. Jokowi menyampaikan lewat forum pertemuan tersebut, agar partai koalisi kompak untuk membuat perekonomian Indonesia beranjak ke arah yang berbasis produksi dan produktif.

Keempat, Jokowi membahas terkait ketatanegaraan. Menurut Jokowi, jelas Plate, sistem pemerintah yang terdampak pandemi membutuhkan kecepatan dalam pengambilan keputusan. Evaluasi menyeluruh diperlukan agar Indonesia dalam tata kelola pemerintahan pusat, daerah, dan sistem pemerintahan nasional. Sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Baca juga : Luhut Kasih Jawaban Apa Adanya

Terakhir, Jokowi membahas Ibu Kota Negara (IKN). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan parpol koalisi untuk tetap memikirkan Ibu Kota baru yang bertempat di Kalimantan Timur. Jakarta, disebutnya, memiliki tantangan dan permasalahan sebagai IKN.

“Perpindahan IKN tidak akan berlangsung hari ini, yang dilakukan pertama kesiapan legislasi yang memadai. Pembangunan IKN yang cocok, yang dilakukan bersama-sama dengan partai koalisi,” papar Plate.

Baca juga : Tito Minta Pemda Alokasikan Anggaran Penurunan Stunting

Hal senada juga disampaikan Hasto Kristiyanto. Menurutnya, pertemuan itu fokus membicarakan penanganan pandemi. Hasilnya, seluruh pimpinan parpol yang hadir mendukung kebijakan yang telah dilakukan pemerintah. Menurutnya, pemerintah sudah bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam mengatasi pandemi yang sudah berlangsung selama 1,5 tahun ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.