Dark/Light Mode

Akses Ke Vaksin Jangan Dibikin Ribet

Sabtu, 28 Agustus 2021 08:17 WIB
Semua vaksin pemerintah gratis, silahkan lapor jika ada yang meminta bayaran. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri)
Semua vaksin pemerintah gratis, silahkan lapor jika ada yang meminta bayaran. (Foto : Instagram @Kemenkes_ri)

 Sebelumnya 
Akun @ikachandra22 menyambung. Kata dia, digratiskannya vaksin Covid-19 seharus­nya juga diiringi dengan kemudahan menda­patkannya. Dia mengalami sendiri susahnya mendapatkan vaksinasi virus Corona.

“Saya bersama anak pusing saat mau daftar vaksin, selalu jawaban di link kuota penuh. Berkali-kali begitu, bagaimana nih, Pak,” keluhnya.

Simple_mikee juga sama. Dia meneka­nkan pemerataan vaksin di seluruh Indonesia. Pasalnya, kata dia, daerah di luar Pulau Jawa-Bali susah sekali mendapatkan vaksin Covid-19. “Selalu nggak dapat vaksin di Medan, tempatnya di Kota Deli,” ujar @fadhila_uswatun678.

Baca juga : Rakyat Maunya Tetap Gratis

Akun @Pek Bin Mo ong juga mengaku ke­cewa berat dengan layanan pengaduan vaksin gratis. Dia mengaku berkali-kali menelepon nomor pengaduan Halo Kemkes 1-500567. Alih-alih dilayani, yang ada justru membuat pulsa habis. “Kalau kasih solusi tuh yang mu­dah dan simple,” pinta @Pek Bin Mo ong.

Akun @AtmaGoApp menegaskan, semua vaksin Pemerintah gratis. Kata dia, stok vaksinasi dapat dicek di vaksin.kemkes.go.id. “Apabila ditemukan berbayar, silakan lapor ke 1500567 atau pengaduan.itjen@kemkes. id,” ujarnya.

“Penting nih guys! Kalau ada yang minta ba­yaran soal vaksin, segera lapor ya, karena vaksin Covid-19 gratis seperti apa yang ditegaskan oleh Presiden @jokowi,” tandas @hrmnt80.

Baca juga : Sekolah Tatap Muka Jangan Modal Nekat

Kata @HanifahAndini96, vaksinasi gratis diberikan kepada masyarakat yang telah terdaf­tar sebagai kelompok penerima vaksin. Sesuai target Pemerintah, kata dia, kelompok penerima vaksin sebanyak 189 juta penduduk yang akan menerima vaksin gratis atau 70 persen. “Agar herd immunity tercapai,” ujarnya.

“Alhamdulilah, semoga segera tuntas pro­gram vaksinasi seluruh Indonesia,” harap @nhenk_atni.

Akun @AliBejo menegaskan, Pemerintah terus fokus pada vaksinasi untuk masyarakat. Vaksin bersifat gratis tanpa pungutan biaya apapun. Yaitu melalui fasilitas kesehatan (faskes) Pemerintah. “Atau melalui program yang selama ini sudah berjalan,” tandas dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.