Dark/Light Mode

98 Persen Siswa Telah Divaksin

Pemkab Klungkung Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Selasa, 31 Agustus 2021 13:42 WIB
Bupati Klungkung Suwirta. (Foto: Ist)
Bupati Klungkung Suwirta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung siap melakukan Pembelajaran Tatap muka (PTM) karena capaian vaksinasi terhadap anak usia 12 sampai dengan 17 tahun sudah mencapai 98,46 persen.

"Cakupan vaksinasi Kabupaten Klungkung untuk tahap pertama terhadap anak usia 12 sampai dengan 17 tahun sudah mencapai 98 persen sedangkan vaksinasi tahap ke 2 masih berjalan," aku Bupati Klungkung Suwirta kepada wartawan Selasa (31/8).

Kabupaten Klungkung saat ini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Jika level PPKM di Klungkung sudah diturunkan maka akan segera menyelenggarakan PTM.

Baca juga : Orangtua Happy Sekolah Gelar Belajar Tatap Muka

"Kami belum mau buru-buru menerapkan PTM, karena masih menantikan penurunan level PPKM. Berbagai kalangan sangat merindukan PTM. Seiring dengan semakin banyaknya warga Klungkung yang sudah divaksin, memberi harapan cerah dalam pemutusan penyebaran virus Covid-19. Kita harap akhir tahun ini Indonesia mulai bisa keluar dari pandemi dan kuncinya adalah Vaksinasi. Jadi ayo kita sukseskan program vaksinasi nasional," ujar Bupati Suwirta.

Berdasarkan laporan capaian vaksinasi Covid-19 di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Minggu (29/8), jumlah warga di Bali yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 3.162.068 orang atau 105,54 persen dari target sasaran vaksinasi. Sedangkan warga yang sudah memeroleh vaksin dosis kedua sebanyak 1.744.874 orang atau 58,24 persen dari target sasaran vaksinasi.

"Secara nasional, Bali berada di peringkat kedua sebagai provinsi dengan persentase pemberian vaksinasi terbesar di Indonesia. Peringkat pertama ditempati DKI Jakarta. Namun kita harus tetap waspada akan kesehatan dan keselamatan bersama melalui disiplin prokes yang ketat," ujar Suwirta.

Baca juga : Pria Brazil Divaksin 5 Kali Dalam 10 Hari

Saat ini, semua sekolah dan guru di Klungkung sudah siap dalam menerapkan pembelajaran tatap muka termasuk sarana prasarana protokol kesehatan (prokes) dan standar operasional prosedur untuk kegiatan PTM.

"Kami sadari kita semua termasuk guru dan orangtua siswa sangat merindukan PTM. Oleh karena itu, saya mau mengingatkan lagi bahwa kunci keluar dari pandemi adalah vaksinasi dan menerapkan prokes," katanya.

Rahasia sukses percepatan vaksinasi dan penerapan prokes Covid-19 yang dilakukan pemerintah Kabupaten Klungkung, lanjutnya, adalah dengan cara melibatkan berbagai unsur seperti pecalang serta TNI-Polri.

Baca juga : Mulai Senin, DKI Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tahap I Di 610 Sekolah

"Saya sangat apresiasi semua pihak yang sudah membantu dalam penurunan kasus Covid-19 di Klungkung," pungkas Suwirta. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.