Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penyewa Pesawat Jet Naik 2 Kali Lipat, Tabungan Saldo Di Atas Rp 5 M Melonjak

Era Corona, Yang Kaya Makin Tajir

Senin, 6 September 2021 07:45 WIB
Ilustrasi, daftar penyewa pesawat jet pribadi naik 2 kali lipat dibanding sebelum pandemi. (Foto: Pxhere)
Ilustrasi, daftar penyewa pesawat jet pribadi naik 2 kali lipat dibanding sebelum pandemi. (Foto: Pxhere)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Corona yang sempat membuat ekonomi Indonesia morat-marit, ternyata tidak terlalu berpengaruh pada kantong orang-orang kaya. Di era Corona ini, justru tabungan dengan saldo di atas Rp 5 miliar makin melonjak. Yang lebih fantastis lagi, daftar penyewa pesawat jet pribadi naik 2 kali lipat dibanding sebelum pandemi. Ini fakta, bukan hoaks.

Terkait naiknya jumlah penyewa pesawat pribadi ini dibeberin Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, Stefanus Gandi. Kata dia, sejak tahun lalu, di awal Corona menyerang Indonesia hingga sekarang, terjadi peningkatan penyewaan pesawat pribadi hingga dua kali lipat.

Baca juga : Yang Kaya Makin Tajir, Yang Miskin Kian Kere

Naiknya angka penyewaan pesawat, disebut Gandi, tak lepas dari kebijakan protokol kesehatan yang ketat pada penggunaan pesawat komersil. Mereka yang berkantong tebal, memilih sewa pesawat pribadi dengan alasan lebih aman dan nyaman.

Faktor lainnya, yakni pengurangan jadwal penerbangan komersil selama pembatasan mobilitas warga.

Baca juga : 338 Pemudik Tujuan Lampung Positif Corona, Paling Banyak Ditemukan Tanpa Gejala

“Dan selama ini kita bisa terbang ke mana saja. Sebagian besar tamu yang menggunakan jasa kami adalah penumpang yang memiliki budget tentunya,” tutur Gandi.

Lantas, kemana saja orang kaya bepergian? Berdasarkan data Indojet Sarana Aviasi, jasa penyewaan pesawat jet pribadi ini ini lebih banyak digunakan pada rute domestik. Persentasenya tembus 90 persen. Bali menjadi tujuan favorit para sultan untuk sekadar liburan atau bahkan kegiatan bisnis. Sisanya atau 10 persen ke luar negeri.

Baca juga : Awas, Main Layangan Di Jalur Penerbangan Bisa Didenda Rp 1 M Dan Dipenjara Paling Lama 3 Tahun

Kata Gandi, saat ini perusahaannya mengoperasikan sejumlah pesawat jet dari berbagai jenis. Termasuk Hawker 400 dengan enam kursi, Hawker 800 yang membawa delapan penumpang, dan Legacy 600 yang memiliki 13 kursi.

Fakta lain, kalau Corona tak berpengaruh pada kantong orang-orang kaya, yakni bila melihat data distribusi simpanan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang dikutip pada Selasa (10/8). Berdasarkan data LPS itu, simpanan nasabah kategori saldo di atas Rp 5 miliar tumbuh 14,6 persen menjadi Rp 3.488 triliun pada kuartal II-2021. Kategori ini tumbuh paling tinggi dibandingkan kategori simpanan lainnya pada bank.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.