Dark/Light Mode

Efikasi Vaksin Covid-19 Turun

Disiplin Prokes Dan 3T Ampuh Lawan Varian Mu

Minggu, 12 September 2021 07:15 WIB
Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia Dicky Budiman. (Foto: Dok. Pribadi)
Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia Dicky Budiman. (Foto: Dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Tapi, karantina efektif selama tujuh hari bagi yang sudah divaksin lengkap dengan vaksin yang efektif, misal messenger RNA. Dan, hasil tesnya negatif.

“Kalau yang belum vaksin lengkap karantina 14 hari, kemudian tesnya negatif,” saran dia.

Baca juga : Ayo Vaksin Dan Disiplin Prokes, Insya Allah Kita Bisa Keluar Dari Pandemi Covid-19

Senada, Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, varian Mu bisa menurunkan efikasi vaksin Covid-19.

Sebab, varian itu dapat beradaptasi dengan perlindungan antibodi yang diciptakan dari imunisasi setelah vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Kapolri Tekankan Penguatan Prokes Dan Percepatan Vaksinasi

“Jadi menurut saya karena adaptasi itu dia bisa tahan sedikit. Jadi, semua vaksin akan menurun efikasinya, sama dengan variant of interest lain,” beber Miko.

Tetapi, dia menyebut, tingkat penularan dan keparahan penyakit yang disebabkan oleh varian Mu sama dengan varian Alpha, dan tidak menandingi varian Delta.

Baca juga : Kasus Covid-19 Turun, Wamenkes: Saatnya Perkuat Ketahanan Medis

Untuk diketahui, World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan suatu varian virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sebagai Variant of Interest (VoI) jika varian tersebut memiliki perubahan genetik yang diperkirakan atau diketahui mempengaruhi karakteristik virus.

Misalnya, penularan, keparahan penyakit, pelepasan kekebalan dan pelepasan diagnostik atau terapeutik. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.