Dark/Light Mode

Modus Korupsi Proyek Bupati Banjarnegara

Bikin Perusahaan Boneka..., Sopir Ditunjuk Jadi Direktur

Rabu, 15 September 2021 07:00 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono diduga mendirikan perusahaan boneka untuk memonopoli proyek. Sopir ditunjuk menjadi direktur di perusahaan itu.

Hal ini terkuak dalam penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai proyek Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018. Budhi menjadi tersangka kasus ini dan telah ditahan.

Berita Terkait : Proyek Di Banjarnegara Diduga Wajib Didukung PT Sambas Wijaya

Penyidik lembaga antirasuah ikut memeriksa Mistar, sopir PT Bumi Redjo. Perusahaan itu milik Budhi. Mistar juga menjabat Direktur Utama di PT Sutikno Tirta Kencana.

Mistar dikorek mengenai sejumlah proyek yang diikuti PT Sutikno Tirta Kencana. Juga dikonfirmasi mengenai sejumlah bukti yang ditemukan penyidik. “Sekaligus dilakukan penyitaan atas barang bukti,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Berita Terkait : KPK Ulik Aliran Dana PT Bumi Rejo Punya Bupati Banjarnegara

Barang bukti yang disita merupakan dokumen proyek-proyek yang pernah digarap PT Sutikno Tirta Kencana periode 2017-2018.

Berdasarkan penelurusan, perusahaan itu pernah menjadi pemenang proyek peningkatan ruas Jalan Banjarmangu-Linggamerta senilai Rp 15,07 miliar.

Berita Terkait : Bupati Banjarnegara Wajibkan Kontraktor Pake Peralatan Proyek Dari PT Bumi Rejo

PT Sutikno Tirta Kencana menyingkirkan 35 pesaing yang ikut lelang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

PT Sutikno Tirta Kencana tidak memiliki website resmi. Informasi perusahaan ini hanya dilansir website indokontraktor.com. Nama pemilik perusahaan itu tidak dicantumkan. Hanya ada informasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan.
 Selanjutnya