Dark/Light Mode

Modus Korupsi Proyek Bupati Banjarnegara

Bikin Perusahaan Boneka..., Sopir Ditunjuk Jadi Direktur

Rabu, 15 September 2021 07:00 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Perusahaan ini diketahui beralamat di Desa Ngelos RT 01 RW 07 Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah.

Untuk menguak pengaturan proyek di Banjarnegara, penyidik juga memeriksa Direktur PT Anugrah Setya Buana, Zaenal Arifin. Pemeriksaan dilakukan di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi DI Yogyakarta.

Baca juga : Bupati Banjarnegara Wajibkan Kontraktor Pake Peralatan Proyek Dari PT Bumi Rejo

“Dikonfirmasi terkait dugaan adanya pengaturan bagi para kontraktor yang akan dimenangkan dalam lelang paket pekerjaan,” kata Ali.

Di hari yang sama, penyidik melakukan pemeriksaan terhadap Komisaris Utama PT Hikmah Kurnia, Aji Purnomo. Ia merupakan Site Manager PT Hikmah Kurnia saat proyek pemeliharaan ruas Jalan Wanasari-Batas Kabupaten Kebumen 2017 silam.

Baca juga : Bupati Banjarnegara Tantang KPK Buktikan Penerimaan Uang

KPK menelisik pengaturan proyek atas perintah langsung Budhi. Maupun lewat orang dekatnya Kedy Afandi. Kedy ikut ditetapkan sebagai tersangka kasus ini.

Beberapa kontraktor proyek lebih dulu diperiksa pada Jumat pekan lalu. Yakni pendiri PT Sumber Artha Jaya, Adi Widodo. Kemudian, mantan pelaksana proyek PT Sumber Artha Jaya, Jarot Satrio Wibowo.

Baca juga : Sebut Penjahit, Bupati Banjarnegara Minta Maaf Ke Luhut Dan Warga Tapanuli

PT Sumber Artha Jaya memenangkan proyek yang telah diatur Budhi. Namun tak dikemukakan proyek apa yang dikerjakan perusahaan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.