Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Karena Setitik Noda, Rusak Susu Sebelanga

Waspada..., Ledakan Penularan Covid-19 Masih Bisa Terjadi Lho

Minggu, 19 September 2021 07:10 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: covid19.go.id)
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: covid19.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah tak pernah bosan mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Meski kasus Covid-19 cenderung menurun dibanding dua bulan lalu, tapi ledakan Covid-19 tetap berpotensi terjadi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro untuk kesekian kalinya meminta masyarakat waspada dengan kondisi saat ini. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel yang sekarang diterapkan dengan berbagai aturan pembatasan, ujarnya, perlu diikuti. Semua untuk kebaikan bersama.

Baca juga : Airlangga: Waspadai, Covid-19 Masih Ada

Hasilnya, cukup moncer. PPKM Level 4 Jawa dan Bali sudah turun satu level. Bahkan, ada yang di level 2. Dalam situasi ini pelonggaran bisa dijalankan. “Jangan sampai lengah untuk melonggarkan disiplin, dampaknya akan mengarah ke naiknya level PPKM. Ujungnya, akan ada penutupan ruang publik,” ujar Reisa dalam keterangannya, kemarin.

Di wilayah PPKM level 2, tempat perbelanjaan seperti mall dan bioskop sudah mulai dibuka kembali. Selain itu Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diujicobakan sejak 30 Agustus 2021.

Baca juga : Indonesia Beruntung Lho

Dokter lulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini mengingatkan, kondisi yang sudah terkontrol ini dirusak orang yang abai terhadap protokol kesehatan. Mereka ini bisa memicu lonjakan kasus Covid-19 seperti pada Juni dan Juli lalu. Saat itu, kasus Covid-19 baru meledak hingga menembus 100 ribu per hari.

“Jangan sampai noda setitik, rusak susu sebelanga. Karena lalai satu, dua orang, seluruh warga sampai anak kita yang sedang gembira sekolah lagi, jadi sengsara karena kita. Yuk bisa, untuk Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Cak Imin Khawatir Ada Ledakan Covid-19 Setelah LebaranĀ 

Reisa mengungkapkan, salah satu protokol kesehatan, yakni memakai masker, bisa melindungi diri dari Covid-19 sampai lebih dari 90 persen. Tapi, jangan dipakai asal-asalan. Masker harus menutupi bagian hidung dan mulut. Mulai dari batang hidung sampai ke ujung dagu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.