Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Efeknya Cepat Hilang

Divaksin Covid? Ngapain Takut

Selasa, 21 September 2021 06:16 WIB
Ilustrasi Vaksinasi covid-19. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Vaksinasi covid-19. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @MustikaUngu menyarankan masyarakat memperbanyak memakan sayur dan buah setelah suntik vaksin. Lebih bagus lagi, mengkonsumsi jus dan smoothies.

“Efek samping vaksin Covid-19 sangat mini­mal. Bahkan hampir tidak terasa karena meny­iapkan diri dengan asupan sehat,” katanya.

Senada, @Satu_Indonesia mengatakan, un­tuk sebagian orang, vaksin dapat menyebabkan efek samping. Karena itu, disarankan mengon­sumsi makanan yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

Akun @PDI_Perjuangan menyambung. Dia bilang, memakan makanan sehat penting setelah vaksinasi Covid-19. Selain itu, makan sehari-hari dengan pola makan gizi seimbang.

Baca juga : Belum Bahaya, Sudah Bikin Merinding

“Misalnya karbohidrat, protein, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Kebutuhan cairan atau hidrasi juga perlu dipenuhi,” kata dia.

Menurut @immobisp, ada beberapa makanan yang bisa meminimalisasikan efek samping dari vaksin Covid-19. Yaitu, sup kaldu, sayuran bernutrisi dan antiinflamasi. “Setelah divaksin, jangan lupa konsumsi makanan-makanan ini ya sob,” ajak dia.

Sebenernya, kata @JumpolAtp, semua vak­sin ada efek samping pascadisuntik. Karena itu, sebelum divaksin harus dipastikan lebih dulu tubuh bener-benar fit dan makan makanan bergizi.

“Efek samping akibat vaksin hal wajar. Karena itu, sebelum dan sesudah mengikuti vaksin agar beristirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata @polseksepauk.

Baca juga : Jangan Fokus Di Jawa-Bali, Daerah Diurusi Juga Dong

Akun @MissKaw088 menimpali. Dia men­gaku mengkonsumsi makanan yang disarankan seperti sayuran hijau, buah-buahan, minum air hangat dan istirahat yang cukup usai mengikuti vaksin satu dan kedua. “Hasilnya suehat tanpa efek samping,” kata dia.

Menurut @Edison59951, efek samping vaksin Covid-19 tergantung dari individu penerima. Situasi tidak begitu berefek apabila seseorang penerima vaksin cukup istirahat pada malam sebelum vaksin.

“Termasuk juga cukup asupan makanan ber­gizi dan air putih sebelum vaksin,” ujarnya.

Sebaliknya, @haibunda mewanti-wanti set­elah suntik vaksin Covid-19 bisa memberikan efek samping seperti tubuh pegal, mengantuk dan lapar. Untuk itu, hindari beberapa makanan tertentu usai suntik vaksin.

Baca juga : Tracing Jangan Dikendorkan

“Hindari makanan olahan, makanan cepat saji, minuman bersoda atau dengan pemanis, minuman beralkohol dan minuman berenergi,” sarannya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.