Dark/Light Mode

Resensi Buku

Aktualitas Target Partai Ka'bah

Minggu, 26 September 2021 04:21 WIB
Buku Mengembalikan Kejayaan Partai Kabah. (Foto: ist)
Buku Mengembalikan Kejayaan Partai Kabah. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Secara khusus pada Partai Ka’bah itu adalah faktor konflik internal dan tantangan multipartai. Secara jujur penulis menyebutkan bahwa konflik internal yang berkepanjangan terjadi pada PPP terutama pasca reformasi, telah memberikan dampak besar bagi terganggunya konsolidasi politik dalam setiap menjelang pemilu hingga dampak puncaknya adalah terus mengalami penurunan suara hingga pada Pemilu 2019 kemarin (h.68). 

Yang disayangkan, seteru internal itu telah terjadi sejak lama, sejak Orde baru dan terus berulang hingga kini. Baru di masa Suharso Monoarfa ini, relatif adem ayem, tidak ada dualisme sebagaimana pada era Suryadharma dan Rommy. Tak kalah buruknya terhadap perolehan elektoral adalah sistem multipartai, yaitu dengan hadirnya partai-partai baru yang secara ideologi maupun platform tidak berbeda. Hal ini membuat masyarakat dengan mudahnya berpindah pilihan dari satu partai ke partai lain pada tiap pemilu. Diperparah dengan pragmatisme yang terjadi di sebagian masyarakat (h.103).

Ditengah tren penurunan itu, penulis ini tetap memberikan harapan. Bukan berarti dukungan pemilih tidak dapat dinaikan. Ia tetap meyakini bahwa politik adalah seni serba kemungkinan (art of posibility). Namun tetap harus dilakukan dengan secara terukur. Dalam hal ini dia mengajukan 4 variabel utama dalam meningkatkan suara pemilih. Yaitu, aksi pengembangan pemilih, aksi penguatan pelembagaan partai politik, aksi pengembangan sistem politik, dan terakhir adalah aksi pengembangan kampanye. 4 hal ini tidak terlepas dari identifikasi penulis terhadap faktor-faktor penyebab penurunan pemilih. 

Baca juga : Ini 10 Rekomendasi IETD 2021 Untuk Capai Target Dekarbonisasi Indonesia

Penting dicatat dalam hal penguatan pemilih, misalnya, penulis menyoroti pemilih partai yang tidak loyal, mudah sekali pindah pilihan partai. Bila banyak analis politik tidak terlalu memandang penting ideologi partai, Amir justru bagi PPP, ideologi keislaman sangat lah penting yang membedakan dirinya baik dengan partai yang sejenis, maupun dengan partai nasionalis. Hanya saja, corak ideologi yang diusung PPP harus lebih terbuka, agar dapat merangkul semua golongan. Bila selama ini pemilih PPP identik pada kelompok Islam tertentu, maka dengan adanya ideologi Islam yang moderat terbuka, memungkinkan fleksibilitas dan jangkauan ke kelompok lain.  

Dalam mengatasi konflik kerap terjadi di internal PPP, dan boleh juga di partai lain, ia mengajukan pendekatan alternati, yaitu konsep ADR alternatif dispute resolution, sebuah pendekatan konflik yang berbasis win-win solution. Solusi ini dapat diterapkan oleh internal PPP jauh lebih efektif dan efisien, tanpa harus berperkara di pengadilan. Hanya saja, membutuhkan politik pendewasaan serta sikap kenegarawanan dari semua pihak yang terlibat. 

Penulis buku ini yang juga sebagai salah satu pimpinan PPP, mengingatkan khususnya kepada para kader dan simpatisan Partai Ka’bah, bahwa agenda besar mengembalikan dukungan elektoral tidak terbatas pada saat kampanye, yang sifatnya jangka pendek. Namun paling penting adalah kampanye yang terus menerus dan bersifat jangka panjang, antara lain melalui media sosial di era serba digital seperti saat ini. Secara khusus memang buku ini memberikan perhatian pada pentingnya PPP meningkatkan kampanye digitalnya demi menyasar para pemilih milenial yang jumlahnya sangat potensial di pemilmu 2024.

Baca juga : Kemenves/BKPM: Riset Dan Inovasi Dukung Capaian Target Investasi

Buku Mengembalikan Kejayaan Partai Ka’bah ini jelas memberikan bobot tersendiri bagi Amir, dibandingkan dua karya terdahulunya. Yaitu buku berjudul “Ayo Membangun Desa, dan Otobiografi berjudul Sajadah Pengabdian. Membaca buku ini, kader dan simpatisan PPP pastinya akan semakin tercerahkan, mengerti langkah apa saja yang mesti dilakukan untuk memenangkan dukungan elektoral. Bagi kader partai lain, atau para penikmat studi politik, buku ini sangat menarik, karena kaya dengan basis teoritis sekaligus juga pengalaman aktual dari penulisnya yang dikenal sebagai peraih suara terbanyak suara di Pileg dua periode.

Judul Buku  : Mengembalikan Kejayaan Partai Ka’bah, Rencana dan Aksi

Penulis        : Dr. HM. Amir Uskara, M.Kes

Baca juga : Partai Kabah Untung Besar

Halaman      : x + 332 halaman

Tahun           : September 2021

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.