Dark/Light Mode

Positif Covid Keluyuran Ke Mall

Tangkap! Giring Ke Ruang Isolasi

Sabtu, 9 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi. Trans Studio Mall Cibubur simulasi penangaan pasien COVID-19, Selasa (16/6/2020). (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. Trans Studio Mall Cibubur simulasi penangaan pasien COVID-19, Selasa (16/6/2020). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Nggak usah dibesar-besarkan, kalau positif Covid-19 ya isolasi, kalau butuh perawatan ya masuk rumah sakit. Lihat negara-negara lain su­dah mulai sehat,” timpal @sudahbapakbapak.

Menurut @catur2101, mall, supermarket, restoran memang rawan kemasukan orang positif Covid. Pemeriksaan di area publik terse­but kurang ketat. Dia menyarankan persyaratan menunjukan sertifikat vaksin harus diubah.

“Mending tunjukin status vaksin dan tes Covid-19 di applikasi PeduliLindungi. Yang boleh masuk hanya yang hijau,” saran dia.

Baca juga : Perketat Mobilitas Masyarakat Atau Kasus Covid-19 Meledak

Akun @kawalCovid19 menimpali. Dia men­gaku banyak sekali mendapatkan laporan warga yang positif dan harusnya isoman, malah nekad keluyuran di mall.

“Covid ini benar-benar menunjukkan sifat-sifat seseorang: yang egois dan tidak peduli dengan orang lain, yang denial (sulit menerima kenyataan) dan yang logika berpikirnya rusak,” ujarnya.

Kata @iwan, sebaik apa pun sistem dibuat akan sia-sia jika tidak ada kesadaran dari masyakat. “Kalau sakit untuk apa kita keluar atau jalan-jalan, kasihan masyarakat lain yang nantinya bisa tertular,” kata dia.

Baca juga : Lebih Baik Kita Waspada Daripada Nanti Menyesal

Akun @kezoapatis bertanya. Kata dia, kenapa data di aplikasi PeduliLindungi tidak dibuka saat di mall yang sudah pasang barcode. Padahal kalau dibuka bisa ketahuan kalau dia kena Covid dan masih jalan-jalan dari data master di kantor PeduliLindungi,” kata dia.

Senada dilontarkan @hakimZW. Kata dia, kalau dari aplikasi PeduliLindungi sudah tahu positif kenapa masih dikasih akses masuk ke dalam mall atau pusat perbelanjaan.

“Gue kira fungsinya buat screening yang masuk biar tahu dan tidak berisiko untuk menu­larkan ke orang,” kata dia.

Baca juga : Bersyukur, Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Meningkat

“Terus apa fungsi check in dan check out yang ada di aplikasi PeduliLindungi? tanya @Rizkiky2020.

Akun @pepeishaam menjawab. Kata dia, aplikasi PeduliLindungi tidak bisa mendeteksi orang boleh masuk mall atau tidak. Dia hanya melakukan capture setiap kejadian orang yang tidak sehat. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.