Dark/Light Mode

Kasus Mingguan Covid Di 3 Daerah Mulai Naik Lagi

Lebih Baik Kita Waspada Daripada Nanti Menyesal

Kamis, 7 Oktober 2021 06:20 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. covid19.go.id).
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. covid19.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur mengalami lonjakan kasus mingguan Covid-19. Yakni, di atas 1.000 kasus.

Rincian kenaikan kasus mingguan Covid-19 di tiga provinsi di Pulau Jawa, yaitu, Jawa Tengah (Jateng) 1.094 kasus, Jawa Barat (Jabar) 1.074 kasus dan Jawa Timur (Jatim) 1.059 kasus. Pelonggaran aktivitas masyarakat terbukti mengerek kenaikan kasus Corona.

“Provinsi yang masih mengalami penam­bahan kasus mingguan di atas 1.000 kasus, terus awasi pembukaan kegiatan masyarakat di wilayahnya,” pinta Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Berita Terkait : Perketat Mobilitas Masyarakat Atau Kasus Covid-19 Meledak

Kenaikan kasus mingguan Covid juga terjadi di DKI Jakarta dan Bali. Namun, ke­naikan di kedua provinsi ini masih di bawah 1.000. DKI sebanyak 966 kasus dan Bali 588 kasus. Namun, secara nasional, kasus Covid-19 mengalami penurunan signifikan 34,6 persen dibandingkan minggu lalu.

Menurut Wiku, aktivitas sosial ekonomi sekarang telah kembali normal, terutama di Pulau Jawa. Ini menyebabkan penularan Covid-19 bisa kembali meningkat.

Terlebih, lanjut dia, pelonggaran aktivitas masyarakat tidak dibarengi dengan pelak­sanaan dan pengawasan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Berita Terkait : Bersyukur, Tingkat Kepatuhan Prokes Masyarakat Meningkat

“Pastikan di setiap tempat kerumunan terdapat satuan atau petugas untuk menga­wasi prokes,” kata Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini.

Kendati begitu, Wiku mengungkapkan, pascalonjakan kasus pada Juli 2021, kasus mingguan Covid-19 secara nasional terus mengalami penurunan. Kasus positif Covid di Indonesia pekan ini mengalami penurunan sekitar 34,6 persen dibandingkan pekan lalu.

“Untuk pertama kalinya, penambahan ka­sus positif harian Indonesia berada di bawah 1.000, yakni 922 kasus per 4 Oktober,” ujar Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University ini.

Berita Terkait : Ingat! Longgar Sedikit, Saja Covid Langsung Menyebar

Netizen mengingatkan masyarakat terus waspada dan taat protokol kesehatan, kendati kasus Covid-19 terus turun hingga di bawah 1.000 kasus per hari. Pemerintah diminta tidak kendor melakukan vaksinasi dan disi­plin 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

“Setelah sempat turun di bawah 1.000, kasus positif Covid hari ini naik lagi. Tetap waspada dan jangan lengah, Covid masih mengancam kita,” ujar @alvinlie21, mengingatkan.

Akun @ManoharaSekar menimpali. Kata dia, Satgas Penanganan Covid-19 mengingat­kan masyarakat tetap waspada, kendati kegiatan publik mulai dibuka. “Virus Corona tidak akan hilang dalam waktu singkat,” katanya.
 Selanjutnya