Dark/Light Mode

Pikat Wisatawan Lokal Dan Internasional

Wow, Potensi Ekonomi Dari WSBK Mandalika Rp 500 M

Senin, 18 Oktober 2021 06:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), 14 Oktober 2021. (Foto: Dok. ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), 14 Oktober 2021. (Foto: Dok. ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, lintasan Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan. Sirkuit tersebut dibangun dengan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt (SMA).

“Sirkuitnya luar biasa, peman­dangannya juga luar biasa, sudah dipersiapkan manajemen traffic-nya. Perhelatan balapan Super­bike ini diharapkan ditonton oleh 25 ribu penonton,” ujarnya.

Baca juga : BMKG Hadang Potensi Tsunami Di Selatan Jawa

Airlangga juga berharap, Su­perbike dan MotoGP dapat men­jadikan Mandalika sebagai Ka­wasan Ekonomi Khusus (KEK) Tourism atau pariwisata. Dan menjadi proyek kedua terbesar setelah Nusa Dua.

Dalam beberapa dekade, tidak ada KEK Tourism yang terinte­grasi selengkap di Mandalika. “Ini bisa jadi alternatif destinasi terdepan. Karena pelabuhannya juga sudah siap menampung 7 juta orang,” jelasnya.

Baca juga : Batik Durian Lubuklinggau Mejeng Di International Fashion Expo Milan

Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mengatakan, jumlah penonton acara Superbike berpotensi mencapai 150 ribu orang dalam kondisi normal.

“Dampak lanjutan dari Super­bike ini, diharapkan semuanya bisa membangkitkan pariwisata. Potensi penambahan tenaga kerja akibat kegiatan di Mandalika men­capai 7.545 orang,” ungkapnya.

Baca juga : Airlangga Menteri Andalan Jokowi

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury mengatakan, Sirkuit Mandalika atau Pertamina Man­dalika International Street Cir­cuit (PMISC) di Mandalika, Lombok, NTB, mulai beroperasi November 2021.

Selain pagelaran Superbike, Mandalika juga akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022, yang rencananya digelar 13 Maret 2022 atau 20 Maret 2022. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.