Dark/Light Mode

Syarat Perjalanan Udara Di Masa PPKM

Tes PCR Baik Untuk Keamanan Diri Sendiri Dan Orang Lain Lho...

Jumat, 22 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Tes antigen seringkali false negative. Sehingga lebih baik menggunakan tes PCR kalau ke mana-mana demi keamanan diri sendiri dan orang sekitar,” ujar @tasyasabrinas.

Dukungan serupa dilontarkan @sulewinto. Dia menilai, tes PCR bagi penumpang pesa­wat bagus untuk pencegahan penularan virus Corona. Terlebih, sebentar lagi sudah masuk musim liburan akhir tahun.

“Tes PCR bertujuan agar selama di perjalanan menggunakan pesawat tidak ada yang menular­kan virus mematikan itu,” kata @DJsetianto.

Baca juga : BNI Serukan Penggantian Kartu Debit Chip Untuk Keamanan Nasabah

Sementara, @Hendiyana bingung dengan aturan tersebut. Kasus Covid-19 di Indonesia sudah sangat terkendali dan turun drastis, tapi malah harus pakai tes PCR.

“Bedanya apa perjalanan pesawat dengan perjalanan darat terkait tes Covid-19. Apa beda karakteristik?” tanya @Planga_Plongo.

“Lagi-lagi harga tes PCR lebih mahal dari harga tiket pesawat, hadeuh,” keluh @rakyatbiasa.

Baca juga : Kata Masinton, Segini Gaji Dan Tunjangan Anggota DPR

Menurut @BubuNyai, kebijakan wajib tes PCR membuat banyak calon penumpang menunda bepergian menggunakan pesawat. Atau memilih moda transportasi lain yang tidak mewajibkan tes PCR sebagai syarat perjalanan.

Menurut @Pengamat, cukuplah penerbangan dari luar negeri saja yang mengharuskan syarat tes PCR. Untuk penerbangan lokal, cukup menggunakan rapid test antigen. “Biar rakyat bisa bernapas,” usulnya.

“Nggak masalah tes PCR, tapi harganya jangan lebih mahal dari tiket pesawatnya. Misalkan tes PCR, khusus naik pesawat hanya 100 ribu,” timpal @sycosid.

Baca juga : Penurunan Harga Tes PCR Bantu RI Cepat Keluar Dari Pandemi Covid-19

Akun @DrSLSimonSpkk mengungkapkan,

di Turki, Swedia, Rumania dan Belanda, tes PCR dilakukan hanya pada orang bergejala. Bila mau ke negara lain dengan pesawat, tidak perlu dilakukan bila sudah divaksin lengkap. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.