Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diterpa Angin Kencang, 277 Rumah Rusak Di Sulsel

Kamis, 28 Oktober 2021 16:39 WIB
Ratusan rumah warga rusak akibat angin kencang di  Wajo Sulawesi Selatan.
Ratusan rumah warga rusak akibat angin kencang di Wajo Sulawesi Selatan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 277 rumah warga di wilayah Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami kerusakan akibat terpa angin kencang pada Selasa (2610)

.Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari merincikan, sebanyak 45 rumah warga rusak berat, 60 rusak sedang dan 172 rumah rusak ringan.

Sedangkan korban jiwa dalam peristiwa tersebut tidak ada.

"BPBD Kabupaten Wajo sudah memastikan bahwa tidak ada korban jiwa akibat insiden ini, namun sebanyak 244 KK atau 909 jiwa tercatat terdampak dan 12 jiwa terpaksa mengungsi," kata Muhari dikutip, Kamis (28/10).

Baca juga : Antar Anaknya Kencan, Ayah Nyetir Sampai 250 Km

Muhari menambahkan, bahwa akibat fenomena cuaca ekstrim ini juga menyebabkan satu unit rumah ibadah dan dua unit fasilitas pendidikan mengalami rusak berat.

BPBD Kabupaten Wajo melakukan upaya penanganan darurat pascakejadian.

Bantuan berupa logistik tengah dipersiapkan bagi para warga yang terdampak.

Pihaknya berkoordinasi dengan aparat pemerintah di tingkat kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan di lokasi kejadian salah satunya dengan meminta data kependudukan warga.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Banyak Milenial Cari Rumah Tapak Minimalis

Merujuk prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Sulawesi Selatan hari ini (28/10) masih berpotensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah pesisir barat dan utara.

Sedangkan untuk Kabupaten Wajo masih berpotensi hujan ringan hingga esok (29/10) dengan kecepatan angin berkisar 20 km per jam.

Analisa InaRISK juga menunjukan Kabupaten Wajo memiliki potensi risiko cuaca ektrim dengan kategori sedang hingga tinggi.

Oleh karena itu, BNPB menghimbau kepada pemangku kepentingan didaerah setempat dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya yang disebabkan faktor cuaca.

Baca juga : BMKG Warning Angin Kencang Dan Gelombang Tinggi Di NTT

Ketika angin kencang berlangsung, segera amankan diri menuju ke bangunan yang kokoh.

Diimbau untuk tidak berada di bawah pohon atau pun papan reklame ketika angin kencang terjadi.

Perhatikan juga apabila berteduh di bawah bangunan yang terbuka, hindari potensi terkena material lain di sekitar, seperti lembaran seng yang dapat tertiup angin. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.