Dark/Light Mode

10 Provinsi Alami Lonjakan Covid

Pemda Wajib Kerja Keras

Senin, 1 November 2021 06:58 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 meminta setiap kepala daerah dan masyarakat bersama-sama mengantisipasi beberapa hal.

Yakni, terlalu dini memutuskan relaksasi pembatasan aktivitas tanpa melalui tahapantahapan, kemudian memperketat protokol kesehatan yang mulai kendor, serta pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah tanpa menerapkan prosedur yang seharusnya.

Tak hanya itu, demi mencapai target vaksinasi nasional pada 2021, pemerintah juga mengimbau agar daerah-daerah yang belum mencapai 50 persen dari cakupan vaksinasi dosis 1, bisa mencapainya di November.

Baca juga : Satgas Minta Prokes Area Wisata Diawasi

Sementara Desember, diharapkan daerah tersebut telah mencapai target vaksinasi dosis 1 minimal 70 persen.

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini juga terus mengajak masyarakat mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Apalagi saat ini mobilitas masyarakat di sejumlah sektor meningkat akibat penurunan kasus Covid-19 yang diikuti dengan pelonggaran.Mobilitas masyarakat tertinggi saat ini ada di pusat perbelanjaan dengan kenaikan mencapai 22,4 persen.

Baca juga : Pandawa Nusantara: Dalam Pandemi Covid-19, Peran Pemuda Indonesia Bertambah

Dia mengingatkan, setiap libur panjang akan diikuti dengan peningkatan mobilitas tinggi, sehingga menimbulkan risiko lonjakan kasus Covid-19.

“Saat ini tren mobilitas sudah mengalami kenaikan, yaitu mencapai 22,4 persen di pusat belanja; 5,43 persen taman; dan 2,68 persen ditempat ritel dan rekreasi,” jelasnya.

Wiku pun mengingatkan masyarakat belajar dari pengalaman tahun 2020. Saat itu risiko peningkatan kasus Covid-19 tidak hanya berdampak pada Indonesia namun juga dunia.

Baca juga : DPD Asproksi Bekasi Siap Bantu Pemda Sediakan Alkes

Dia mengingatkan, saat ini Indonesia berhasil menekan angka kasus Covid-19 di titik terendah selama 15 pekan.

“Perlu kita pertahankan agar tidak kembali meningkat pada saat Natal dan Tahun Baru,” imbau Wiku. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.