Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenkeu Pastikan Korupsi Tak Terulang Saat Tax Amnesty Jilid II

Kamis, 11 Nopember 2021 17:25 WIB
Irjen Kemenkeu Awan Nurawan (kedua dari kiri). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Irjen Kemenkeu Awan Nurawan (kedua dari kiri). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menggelar program pengampunan pajak (tax amnesty) jilid II. Kasus korupsi dijamin tidak akan terulang dalam program itu.

"Seperti yang kami sampaikan prinsipnya Kemenkeu juga Direktorat Jenderal Pajak berkomitmen selalu melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik, itu terus kita lakukan," ujar Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Awan Nurmawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (11/11).

Berita Terkait : Kemenag Pastikan Peningkatan Mutu Madrasah Swasta

Awan mengatakan, pihaknya terus melakukan evaluasi agar pelaksanaan tax amnesty bebas dari korupsi. Kemenkeu tak maukorupsi jadi kebiasaan, jika evaluasi tidak dikencangkan. "Jadi kita di internal itu melakukan reformasi yang berkelanjutan," tutur Awan.

Evaluasi juga akan mengacu dengan kasus korupsi yang pernah menjerat Kemenkeu. Kemenkeu akan mempelajari modus korupsi yang pernah ada untuk membuat formula antirasuah yang paten saat tax amnesty berlangsung.

Berita Terkait : Kemlu Kenalkan Kopi Nusantara Bagi Diplomat RI

"Kita juga sudah ada pengalaman, pengalaman tax amnesty kemarin dijadikan cermin untuk kita terus memperbaiki tata kelola kita ke depan. Karena memang kami harapkan akan lebih baik lagi," tandasnya. [OKT]