Dewan Pers

Dark/Light Mode

Temani Jokowi Jajal Mandalika, Bamsoet Pakai Motor Listrik Gesit

Jumat, 12 Nopember 2021 15:45 WIB
Presiden Jokowi (bermotor hijau) di temani Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (bermotor kuning) dan yang lainnya saat menjajal Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11). (Foto: Dok. MPR)
Presiden Jokowi (bermotor hijau) di temani Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (bermotor kuning) dan yang lainnya saat menjajal Sirkuit Mandalika, Jumat (12/11). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bersama Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan Ketua Dewan Penasihat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Prasetyo Edi Marsudi mencoba lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit. Presiden Jokowi menggunakan motor custom Kawasaki W175 berwarna hijau. Sedangkan Bamsoet dan Prasetyo Edi Marsudi menggunakan motor listrik Gesit Karya Anak Bangsa.

"Akhirnya bangsa Indonesia bisa menambah koleksi sirkuit bertaraf internasional yang bisa dipakai menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap motor bergengsi, seperti World Superbike hingga MotoGP. Dibangun oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2019, Pertamina Mandalika International Street Circuit akhirnya bisa selesai dikerjakan dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dalam peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, Jumat (12/11).

Berita Terkait : Menteri Basuki Ingin Jalan Bypass Mandalika Lebih Cantik

Turut serta mencoba Sirkuit Mandalika antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, pembalap muda juara dunia ke-2 FIA World Endurance Championship 2021 Sean Gelael, serta empat pembalap muda Indonesia yang berlaga dalam Idemitsu Asia Talent Cup 2021, yaitu Herlian Dandi, Herjun Atna Firdaus, Dheyo Wahyu dan Fadillah Arbi.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan mencapai 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. Aspal yang digunakan juga bukan sembarangan, tetapi pakai tingkat yang mewah dengan sebutan SMA atau stone mastic asphalt. Permukaan aspal sangat rata, kerekatan antarpartikel pun tidak berdempetan, sehingga tidak ada yang menumpuk. Teknologi terbaru ini bisa menghemat perawatan. Lebih dari lima tahun tidak perlu dilakukan resurface atau pelapisan ulang.

Berita Terkait : Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Pakai Motor Pribadi, Erick Thohir Bagian Kibar Bendera

"Keunggulan lainnya terletak pada daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara. Bahkan lintasan sirkuit dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, paddock area sirkuit sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas grand stand seating mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk, sementara non-seated area (tribun berdiri) sanggup menampung 138.000 orang. Penonton juga bisa menyaksikan balapan dari hospitality suites yang direncanakan berkapasitas 7.700 penonton. Seluruhnya dikerjakan dengan sangat serius dan penuh ketelitian. Demi memberikan kenyamanan dan pengalaman berkesan bagi pembalap, crew, hingga turis yang datang ke Lombok.

Berita Terkait : Dubes Rachmat Ajak Investor Thailand Berinvestasi Di Sektor Logistik Indonesia

"Setelah diresmikan, pada November 2021 ini Pertamina Mandalika International Street Circuit telah mendapatkan kepercayaan menggelar dua kejuaraan internasional bergengsi, yakni Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November 2021, dilanjutkan World Superbike pada 19-21 November 2021. Puncaknya, MotoGP pada 20 Maret 2022," pungkas Bamsoet. [USU]