Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalan Pintas

Rabu, 2 Oktober 2019 06:29 WIB
Ngopi - Jalan Pintas
Catatan :
AULIA DARWIS

RM.id  Rakyat Merdeka - Di depan sekolahan saya dulu ada lapangan bola. Rumput hijau membentang rapi, indah dipandang.

Namun sayang, di tengah lapangan itu ada jalan setapak membelah horizontal. Setiap hari jalan itu dilalui agar lebih cepat sampai ke seberang. Orang malas jalan memutar, lebih suka jalan pintas.

Lama-lama muncul jalan setapak itu karena setiap hari diinjak. Fenomena jalan pintas ini kini terasa ada di mana-mana. Sebenarnya ini modal besar bangsa untuk lebih maju. Ingin cepat sampai ke tujuan.

Baca juga : Jaksa Agung: Penebus

Semua orang ingin semua urusannya cepat. Termasuk saat di jalanan. Kalau perlu, jalan yang seharusnya tidak boleh dilewati tetap diterobos. Melawan arus pun berani.

Beruntung berangkat lebih cepat, karena di persimpangan sebelum masuk sekolah kendaraan sudah padat. Mobil dan motor saling berebut mendahului. Sebentar lagi akan kusut.

Benar saja. Begitu balik dari sekolah, persimpangan sudah kusut. Mobil yang berada di tengah persimpangan tak bisa bergerak, terhalang motor. Bunyi klakson bersahutan, bikin telinga pekak.

Baca juga : KPK, Jangan Dimatikan

Makanya, saya pantang membunyikan klakson. Rombongan motor di belakang saya, maju terus mengambil jalur kosong di sebelah kanan, melawan arus.

Akhirnya perempatan itu penuh. Yang depan tak bisa bergerak, di belakang nyodok terus. “Kasih jalan, kasih jalan,” teriak seorang bapak.

Dia turun dari motornya, berusaha membuka jalan. Kemarin pagi, saya mengantar anak sekolah lebih awal agar terhindar dari macet.

Baca juga : Jangan Pilih Jaksa Agung Karbitan

Itu kebiasaan setiap hari agar, tidak terburu-buru menjalankan motor. Tapi selalu mengikuti arus. Kalau di depan cepat, saya ikutan cepat. Namun tetap santai. Kadang si anak protes, kok nggak bisa ngebut sih kayak orang-orang.

Mobil yang tadi terjepit tengah, berhasil lolos. Dia mau belok kanan, namun kembali terhalang motor-motor dari arah berlawanan. Ibu muda pengendar mobil ini menurunkan kaca samping.

“Ini kan jalan saya, Pak,” semprot ke pemotor di depannya. Si pemotor hanya mesem saja sembari meminggirkan kendaraannya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.