Dark/Light Mode

Mendadak Lebih Akrab

Kamis, 24 Januari 2019 06:21 WIB
Ngopi - Mendadak Lebih Akrab
Catatan :
UJANG SUNDA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian kita mungkin punya kenalan, tetangga, atau teman dekat yang nyaleg di Pemilu 2019 ini. Bisa DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, atau DPRD Kabupaten/Kota. Dari calon itu, mungkin ada yang mera￾sakan perusahan sikap sang caleg.

Tiba-tiba menjadi lebih sopan, santun, dan ramah. Saya termasuk yang merasakan perubahan sikap tersebut. Sekitar tiga bulan lalu, di sela acara peluncuran buku salah seorang tokoh, di Gedung DPR, saya dan beberapa rekan sesama wartawan sempat ngobrol dengan seorang politisi muda dari partai besar.

Baca juga : Menanti Ahok

Dulu, dia seorang aktivis. Dikenal garang. Sikapnya keras. Dia menjadi anggota DPR sejak 2014. Selama menjadi Dewan, sikap kerasnya masih sama. Kadang-kadang suka nyeleneh juga. Namanya, hmm, sebut saja Si Oke. Di Pemilu 2019, dia nyaleg lagi.

Sebenarnya saya enggak akrab-akrab banget sama dia. Kenal juga cuma sebatas wartawan dan narasumber. Bertegur sapa hanya saat keperluan wawancara. Tapi, dalam obrolan waktu itu, suasananya beda. Dia menjadi lebih akrab. Si Oke terlihat lebih ramah, santun, dan suka guyon. Gaya garangnya tak terlihat. “Abang dapil (daerah pemilihan) mana?” celetuk seorang rekan wartawan di obrolan itu. “Gini-gini, saya anak Selatan,” ucapnya, sambil meempar senyum.

Baca juga : Mestinya Ada Temuan Hebat

Selatan yang dimaksud adalah Jakarta Selatan. Di Pemilu 2019, Jakarta Selatan ada dalam Dapil DKI Jakarta II bersama Jakarta Pusat dan Luar Negeri. Si Oke memakai kata “anak Selatan” untuk merujuk gaya gaul dan bahasa campur Inggris yang digunakan melinial dari Jakarta Selatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.