Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hobi Main Tanaman Hias

Sabtu, 14 November 2020 08:48 WIB
Ngopi - Hobi Main Tanaman Hias
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - BANYAK menghabiskan waktu di rumah selama pandemi Corona (Covid-19) membuat saya mencoba mengeksplorasi kegiatan atau hobi baru. Salah satu aktivitas yang saya gandrungi kala pandemi ini adalah hobi memelihara tanaman hias di dalam rumah.

Awalnya coba-coba beli di toko online bibit tanaman jenis Philo dendron seperti Monstera King. Lalu jadi keranjingan untuk memiliki tanaman hias lainnya, seperti Alocasia, Aglonema, dan jenis Araceae lainnya. Hingga saa t ini saya memilili sekitar 80 tanaman hias.

Bagi saya memelihara tanaman hias di rumah ternyata memiliki banyak fungsi . Tidak hanya untuk mengisi waktu luang, tanaman hias saya pilih sebagai pelengkap dekorasi ruangan karena bentuk, warna, hingga jenis yang beragam.

Baca juga : Produk Lokal Juga Keren

Warna alami dari tanaman, terutama warna hijaunya, mampu membuat suasana ruangan jadi lebih hidup dan segar. Selain itu, tanaman hias cocok diletakkan di mana saja, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga ruang tidur.

Sama seperti tumbuhan lainnya, tanaman hias merupakan penghasil oksigen dan bisa menyerap karbon dioksida dari lingkungan sekitarnya. Kemampuan tanaman hias ini berkebalikan dengan sistem pernapasan manusia yang menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Tidak hanya menghasilkan oksigen, beberapa tanaman hias juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker, hingga gangguan pernapasan.

Baca juga : Ketagihan Jajanan Korea

Contohnya tanaman Lili Paris dan Sansevieria atau lidah mertua. Kedua tanaman ini bisa membantu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furniture. Kemudian ada tanaman sirih gading yang mampu menghilangkan racun, seperti benzene, xylene, formaldehida, dan karbon monoksida.

Kemampuan menyerap polusi dan membersihkan udara pada tanaman hias itu ternyata juga mampu menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Hal ini terjadi karena tanaman hias akan melepaskan uap air ke udara yang bisa menjaga tingkat kelembapan dalam ruangan sebanyak 30-20 persen.

Selain memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, kehadiran tanaman hias di rumah saya pun bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental, mampu membantu mening kat kan suasana hati, meringankan stres, dan lebih fokus pada kehidupan saat ini.

Baca juga : `Maaf Saya Positif`

Memilih jenis tanaman hias yang tepat untuk hobi atau sebagai dekorasi rumah, bagi saya bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi bagi pemula. Sebab, ada tanaman yang membutuhkan perawatan khusus dan tidak semua tanaman dapat tumbuh baik dalam ruangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.