Dark/Light Mode

Selamat Jalan Pengagum Gus Dur

Selasa, 5 Januari 2021 05:03 WIB
Ngopi - Selamat Jalan Pengagum Gus Dur
Catatan :
SISWANTO

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkantor di Graha Pena, rasanya kuper alias kurang pergaulan kalau tidak kenal Sugihono. Dia Redaktur Eksekutif Rakyat Merdeka. Nama panggilannya ONO. Diambil dari kode penulisannya sebagai wartawan.

ONO pribadi yang humoris. Mudah bergaul. Bicaranya ceplas-ceplos. Meskipun berdarah Jawa, ONO lebih kental dialog Betawi-nya: asal jeplak. Maklum dia besar di Pejompongan, kawasan padat penduduk yang bersebelahan dengan TPU Karet Bivak, Jakarta. Setelah nikah, ONO baru hijrah ke Pamulang, Tangerang Selatan.

Berita Terkait : Lagu Buat Ono

ONO paling doyan diajak ngobrol ngalor-ngidul. Apalagi kalau nyerempet soal politik, ONO paling semangat. Siap-siap panas kuping, kalau ONO lagi bahas pemerintah. Kritiknya pedas, tapi bergizi. Tentunya dengan gaya konyol ONO.

Saya masih ingat, dari semua Presiden yang pernah berkuasa, ONO hanya kagumi 1 orang saja. Dia adalah Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Di saat banyak orang yang tidak simpatik dengan Gus Dur, ONO justru banyak memuji Kiai Nahdlatul Ulama itu.

Berita Terkait : Tak Pede Bicara Agama

Di kantor, ONO tidak pilah-pilih teman bergaul. Siapa saja, dia dekati. Teman sekantor, lintas media, security hingga tukang parkir, ONO tetap akrab. Bahkan, Noto, pemilik warung di seberang kantor, jadi kawan baik bagi ONO.

Bukan hanya di kantor. Di lapangan, ONO banyak bergaul dengan wartawan dari media lain. Wartawan muda, sampai yang sudah senior. Tempat nongkrongnya saat masih liputan di kantor LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Jakarta.
 Selanjutnya