Dark/Light Mode

Modal Sabun Mandi Doang, Kok Bisa Mulus?

Rabu, 21 Juli 2021 06:05 WIB
Ngopi - Modal Sabun Mandi Doang, Kok Bisa Mulus?
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Suka iri nggak sih sama cowok-cowok? Kok bisa muka mereka lumayan mulus hanya bermodal sabun cuci muka (kalau niat), malah kadang cuma sabun mandi. Sedangkan saya, sudah belain beli skincare mehong-mehong, tapi muka tak kunjung glowing.

Saya mulai protes dan iri dengan suami yang kulitnya tetap mulus dan nggak bermasalah. Padahal, doi cuci muka pakai sabun mandi doing. No toner, no serum, no essence, no moisturizer, no sunscreen, no day cream, no night cream. Kalau dipikir-pikir, ini fenomena aneh dan nggak masuk di akal. Kok bisa gitu?

Berita Terkait : Dikagetin Teman

Bincang-bincang beberapa waktu lalu bareng doi, dia memberikan alasan-alasan masuk akal. Pertama, tiap orang punya jenis kulit beda-beda. Kedua, katanya cowok memiliki tekstur kulit yang lebih tebal. Ketiga, penggunaan kosmetik dan hormon pria dan wanita juga memengaruhi katanya.

Hmmm, paham sih. Tapi bukannya semakin dirawat harusnya semakin menunjukkan hasil yang baik? Oh tentu tidak selalu, bilangnya. Bisa jadi kulit yang selalu dirawat justru menjadi lebih tipis, sensitif, dan dampaknya masalah semakin menjadi. Sedangkan cowok, minim melakukan perawatan aneh-aneh yang membuat kulitnya tak bermasalah, karena terbiasa membentuk barrier secara alami.

Berita Terkait : Ketagihan Belanja Online

Tak mau telan bulat-bulat jawaban doi, saya pun googling. Dan, jeng jeng jeng, jawaban doi ada benarnya. Menurut penelitian, hormon pria dan wanita memengaruhi. Sepanjang kehidupan perempuan, kadar hormon androgen yang disebut sebagai penyebab masalah kulit (jerawat) kadarnya cenderung tidak turun secara drastis. Hormon androgen ini berasal dari suatu mekanisme perubahan lemak khususnya kolesterol.

Lalu, penggunaan kosmetik ternyata memengaruhi. Wanita yang suka menggunakan kosmetik tebal dan berganti-ganti dapat menyebabkan masalah kulit, karena sifatnya yang komedogenik atau aknegenik. Nah, jadi gimana? Masihkah iri dengan kulit mulus pria tanpa perawatan? Kita diciptakan berbeda dan wanita adalah makhluk yang tak bisa jauh dari kosmetik-kosmetiknya. [Mentari Kusuma/Wartawan Rakyat Merdeka]