Dark/Light Mode

Kunjungi Markas UNWTO Di Madrid, Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata RI

Sabtu, 27 November 2021 16:55 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Headquarters di Madrid, Spanyol. Kunjungan ke markas besar Organisasi Pariwisata Dunia PBB itu dilakukan Puan di sela-sela menghadiri Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143.

Kedatangan Puan bersama delegasi DPR disambut langsung oleh Sekjen UNWTO, H.E. Mr. Zurab Pololikashvili, Jumat (26/11).

Pada kesempatan itu, Puan menyampaikan dampak pandemi Covid-19 bagi pariwisata Indonesia yang berpengaruh terhadap sektor perekonomian nasional.

Baca juga : Jokowi: Geopark Cocok Dengan Tren Pariwisata Saat Ini

"Pandemi Covid-19 berdampak kepada banyak rakyat Indonesia yang hidupnya bergantung dari sektor pariwisata. Maka kunjungan kami ke UNWTO merupakan upaya DPR untuk mendapat masukan dan berdiskusi dalam upaya membuka kembali pariwisata Indonesia," ujar Puan, dalam siaran pers, Sabtu (27/11).

Kepada Sekjen UNWTO, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini menyampaikan, Indonesia kini mulai membuka kembali sektor pariwisata menyusul kondisi pandemi Covid-19 yang membaik.

Puan mengatakan, pembukaan sektor pariwisata di tiap-tiap daerah di Indonesia tergantung dari tingkat vaksinasi penduduk.

Baca juga : Catat Nih! Syarat Dapat Bantuan Bagi Usaha Pariwisata

"Contohnya Bali yang 100 persen penduduknya sudah menerima vaksin dosis pertama. Indonesia terus menggiatkan vaksinasi sehingga diharapkan tahun depan telah mencapai target vaksinasi penuh bagi 208 juta penduduk yang menjadi target vaksinasi pada Maret 2022," ungkap politisi PDIP ini.

Puan menegaskan, DPR terus melakukan pengawasan untuk pengembangan program-program pariwisata di Indonesia. Salah satunya, dengan meminta masukan dari UNWTO.

Ia pun menyinggung soal pentingnya sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan yang memperhatikan perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Pengembangan sustainable tourism Indonesia itu, membutuhkan dukungan PBB.

Baca juga : Kunjungi Jambi, Mentan Minta Hilirisasi Nanas Berorientasi Ekspor

"Maka kami berharap dukungan dari UNWTO untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba, dan lainnya," beber Puan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.