Dark/Light Mode

Soal IKN, Gobel Wanti-wanti 3 Hal, Jangan Sampai APBN Dinikmati Orang Asing

Kamis, 20 Januari 2022 12:00 WIB
Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel (Foto: Instagram)
Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Menurutnya, ada tiga hal penting dari pembangunan IKN ini, yang ditujukan untuk kemajuan dan pemerataan ekonomi serta perbaikan kehidupan sosial dan lingkungan hidup.

"Pertama, pembangunan IKN berpotensi memiliki dampak positif bagi kawasan Indonesia timur. Kawasan yang selama ini paling tertinggal di segala lini, seperti pendidikan, infrastruktur, kualitas sumberdaya manusia, dan juga dalam bidang ekonomi," ujar Gobel dalam keterangannya, Kamis (20/1).

Baca juga : Jokowi: Potensi Pasar Digital Kita Besar, Jangan Sampai Kuenya Diambil Orang

Saat ini, ada lima wilayah termiskin ada di Indonesia Timur. Yakni Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Gorontalo.

“Dengan perpindahan Ibu Kota diharapkan bisa memperbaiki keadaan secara lebih cepat,” imbuhnya.

Gobel meyakini, faktor jarak dapat berpotensi memperbaiki mobilisasi penduduk, perhatian, kepedulian, dan distribusi barang serta jasa.

Baca juga : Jalan Tol Trans Sumatera Dilalui Satu Juta Kendaraan Selama Nataru

“Nanti, kita lihat saat pembangunan. Apakah tenaga kerja dan dukungan material berpengaruh atau tidak,” katanya.

Gobel berharap, perpindahan Ibu Kota ini akan memperbaiki ketimpangan ekonomi dan ketimpangan wilayah, yang selama ini lebih dinikmati di wilayah barat.

“Dengan perpindahan Ibu Kota, diharapkan terjadi redistribusi yang selama ini begitu sulit dilakukan. Kita optimis, ke depannya, akan terjadi akselerasi pembangunan dan kemajuan di Indonesia timur,” jelas wakil rakyat dari Gorontalo tersebut.

Baca juga : Jangan Sampai Lansia Jadi Tumbal Omicron

Kedua, beban sosial dan lingkungan hidup di DKI Jakarta dan Pulau Jawa secara umum sudah terlalu berat. Seperti masalah kriminalitas, pencemaran lingkungan, dan kerusakan alam.

Dengan memindahkan magnet, maka distribusi penduduk diharapkan bisa lebih merata.

"Ini akan mengurangi beban sosial dan beban lingkungan di Jakarta dan Jawa pada umumnya. Kita harus membantu dan menyelamatkan Jawa,” terang Gobel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.