Dark/Light Mode

Mantu Luhut Jadi Pangkostrad

DPR: Soal Kedekatan Nggak Usah Dihubung-hubungkan, Rekam Jejaknya Baik Kok

Sabtu, 22 Januari 2022 18:01 WIB
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi (Foto: Humas DPR)
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi (Foto: Humas DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, yang menunjuk Pangdam Udayana, Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad). Menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman, yang diangkat menjadi Kepala Staf TNI AD (KSAD).

Bobby berharap, semua pihak tidak mencari-cari permasalahan dari penunjukan ini.

Baca juga : Mantu Luhut Yang Jadi Pangkostrad Nggak Punya Mobil, Hartanya Rp 51,65 M

Termasuk, soal status Maruli yang merupakan menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sementara Jenderal Andika Perkasa yang menunjuk Maruli sebagai Pangkostrad, adalah menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono.

"Saya rasa, ini sudah baik. Tidak ada masalah. Kita percaya proses di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) sudah akuntabel. Rekam jejak beliau sejak menjabat Danpaspampres dan Pangdam Udayana juga sudah menonjol," kata Bobby, Sabtu (22/1).

Baca juga : Samin Tan Ngaku Nggak Pernah Tinggalkan Ibu Kota

"Kalau soal kedekatan-kedekatan, tidak perlu dipolemikkan atau dihubung-hubungkan. Toh sebelumnya juga ada sejumlah purnawirawan TNI, yang dulu menjabat posisi strategis dan memiliki kedekatan dengan pejabat Tanah Air," imbuhnya.

Dia pun mencontohkan mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang merupakan menantu mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. Kemudian mantan Pangkostrad Letjen Agus Wirahadikusuma, keponakan dari Wapres Umar Wirahadikusuma.

Baca juga : DPRD Soroti Penurunan Kepatuhan Prokes Di DKI

Juga ada mantan Pangkostrad Letjen Erwin Sudjono, menantu mantan Danjen Kopassus dan Gubernur AKABRI, Jenderal Sarwo Edhie Wibowo. Serta mantan KSAD Letjen Pramono Edhie Prabowo, yang juga putra Sarwo Edhie sekaligus ipar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi, itu biasa saja. Bukan hal spesial. Tidak relevan, bila dikait-kaitkan. Saya yakin, beliau akan menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik," pungkas Plt Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.