Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR Minta Menag Loby Arab Saudi Penambahan Kuota Jemaah Haji

Senin, 11 April 2022 22:54 WIB
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto.
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama, (Menag)Yaqut Cholil Qoumas diminta untuk melobi Pemerintah Arab Saudi agar mendapat kuota maksimal bagi jemaah asal Indonesia.
 
“Alhamdulillah tahun ini jemaah asal Indonesia insya allah berangkat ke tanah suci walaupun dengan kuota terbatas dan dengan pembatasan umur," kata  Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto dalam keterangan persnya, Senin (11/4). 

Baca juga : Puan: Kita Bangga Istiqlal Raih Penghargaan Masjid Ramah Lingkungan

Namun, kata Yandri, untuk jumlah pastinya tentu Indonesia masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi. Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) juga sangat bergantung pada kuota haji yang dialokasikan dan juga lamanya jemaah menetap di sana. "Ya sangat tergantung berapa lama jemaah haji di tanah suci dan lainnya," katanya.
 
Meskipun posisi Indonesia masih menunggu alokasi kuota, menurut Yandri, Kementerian Agama bisa melakukan lobi agar Arab Saudi memberikan kuota maksimal kepada Indonesia, dengan memanfaatkan kuota yang tidak terpakai oleh negara lain. 

Baca juga : 3 Ketua DPC Dicecar Soal Aliran Suap Pencalonan Ketua DPD Demokrat

"Lobi tetap bisa dilakukan biar dapat kuota maksimal atau kalau ada kuota negara lain yang enggak dipakai ini bisa dilobi untuk jadi tambahan kuota Indonesia," katanya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.