Dark/Light Mode

5 Manfaat Silaturahmi Bagi Lansia

Jumat, 15 April 2022 17:30 WIB
Lansia sebagai senior di dalam sebuah keluarga sangat menantikan momen berkumpul dengan keluarga. (Foto Fimela)
Lansia sebagai senior di dalam sebuah keluarga sangat menantikan momen berkumpul dengan keluarga. (Foto Fimela)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain memiliki manfaat dari segi sosial untuk saling mengenal dan mendekatkan keluarga besar, bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga juga memiliki banyak sekali manfaat buat para lansia (lanjut usia).

Lansia sebagai senior di dalam sebuah keluarga nyatanya juga sangat menantikan momen silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga. Bukan tanpa alasan, kehidupan lansia rentan kesepian. Datangnya sanak keluarga untuk berkumpul bersama tentu menjadi hal yang membahagiakan bagi mereka.

Menurut laman WebMD, dilansir dari Geriatri, seiring anggota keluarga menjadi dewasa—dan lansia menua—komunikasi dengan keluarga akan cenderung merenggang dan berubah. Oleh karena itu, momen berkumpul saat mudik Lebaran dapat dijadikan alternatif untuk menyatukan dan menguatkan kembali komunikasi dan hubungan lansia dengan keluarga.

Baca juga : Catat, ASN Dilarang Mudik Bawa Mobil Dinas

Lima manfaat yang dapat dirasakan lansia melalui momen mudik dan berkumpul keluarga ini berdasarkan laman WebMD dan Amada Senior Care yaitu:

1.Hubungan lansia dengan keluarga akan meningkatkan kualitas hidup lansia serta meningkatkan angka harapan hidup mereka. Bahkan pada penderita demensia sekalipun, kehadiran keluarga dalam hidup lansia dapat memperpanjang sekaligus meningkatkan kualitas hidup di sisa-sisa usia mereka.

2.Meningkatnya sistem imunitas lansia. Lansia yang terkoneksi secara sosial, baik dengan lingkungan sekitar maupun keluarga, cenderung memiliki sistem imunitas yang lebih baik. Hal ini penting bagi lansia, sebab umumnya lansia cenderung memiliki sistem imunitas yang lemah dibandingkan usia dewasa lainnya.

Baca juga : Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Layani Rute Bangkok-Bali

3.Meningkatkan kesehatan mental lansia. Lansia yang dekat dengan keluarga mereka akan cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Dengan adanya interaksi yang baik serta perhatian yang diberikan kepada lansia akan mengurangi perasaan depresi maupun kesepian.

4.Meningkatkan kesehatan otak. Lansia yang terkoneksi secara sosial dengan lingkungan dan keluarga mereka akan memiliki keuntungan berupa peningkatan kesehatan otak mereka. Lansia yang bahagia dan terlibat aktif dalam kehidupan sosial cenderung mengalami peningkatan kemampuan mengingat serta berpikir.

5.Kehadiran keluarga juga meningkatkan ‘value’ diri lansia. Adanya keluarga dalam hidup lansia membantu lansia untuk merasakan dukungan emosional yang diberikan keluarga, membantu lansia dalam menilai positif diri mereka sendiri, memberikan perasaan bahwa mereka adalah bagian dari sebuah keluarga, tidak sendirian, perasaan diterima, dan dukungan lain seperti pemberian informasi yang dibutuhkan lansia maupun dukungan finansial.

Baca juga : Klok Rela Pangkas Liburan Demi Tugas Negara

Mengingat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh lansia dari kegiatan berkumpul bersama keluarga, alangkah baiknya bila keluarga Indonesia meluangkan waktu di saat momen mudik Lebaran ini untuk berkumpul bersama. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.