Dark/Light Mode

Launching Buku ‘Meniti Buih di Antara Karang’

Presiden Jokowi Apresiasi Peran Bamsoet Di Perpolitikan Nasional

Senin, 12 September 2022 07:50 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) saat launching buku ‘Meniti Buih di Antara Karang’ dan ‘Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022’, di Black Stone Garage (IMI Lounge), Jakarta, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) saat launching buku ‘Meniti Buih di Antara Karang’ dan ‘Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022’, di Black Stone Garage (IMI Lounge), Jakarta, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ketua DPR Puan Maharani menilai, Bamsoet sebagai seorang politisi yang selalu aktif dalam mengartikulasikan tugasnya sebagai anggota DPR. Menurutnya, berbagai tugas DPR telah dilaksanakan secara konstitusional melalui kerja sebagai anggota komisi, pansus, bahkan menjadi ketua DPR.

“Mas Bamsoet merupakan seorang yang memahami fatsun politik. Cara bicaranya, walau sering penuh canda, namun tetap santun, dan hati-hati. Dalam mengelola berbagai kepentingan politik yang menjadi dinamika di DPR maupun di MPR, Mas Bamsoet juga terlihat mengedepankan prinsip-prinsip yang taat aturan, taat azas, dan selalu menjaga adab,” puji Puan.

Baca juga : Meniti Buih Di Antara Karang, Buku 60 Tahun Bamsoet Diluncurkan 10 September 2022

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memaparkan, Bamsoet merupakan salah satu kader terbaik Partai Golkar dan taat azas. Bamsoet dan Airlangga pernah sama-sama maju bersaing memperebutkan Ketua Umum Partai Golkar beberapa waktu lalu. Keduanya bertanding untuk bersanding. Terbukti, Bamsoet hingga saat ini menjadi bagian dari kepemimpinan Airlangga sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen (Pol) Firli Bahuri menegaskan, Bamsoet selalu memberi perhatian khusus terhadap upaya pencapaian zero korupsi di Indonesia. Menurut dia, hal itu bisa dibaca dari opini ataupun statemen Bamsoet di media massa. Salah satu gagasan Bamsoet yang bernas, ‘bagaimana agar KPK menggalakkan fungsi pencegahan dalam menyelamatkan keuangan negara’.

Baca juga : Presiden Jokowi Bagi-bagi BLT BBM Di Papua

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (P) Budi Gunawan, mangatakan Perjalanan hidup Bamsoet merupakan potret pengabdian terbaik seorang warga negara. Bahkan, selama Pandemi Covid-19 Bamsoet aktif mendorong berbagai kalangan termasuk Badan Intelijen Negara untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 ke berbagai lapisan kalangan masyarakat.

Panglima TNI Jendral Andika Perkasa mengenang Bamsoet sebagai sosok yang ‘extrovert’ dan ‘people oriented’, membuatnya dikelilingi banyak teman dan dengan berjalannya waktu menjadi semakin ‘well connected’. “Saya tidak bisa menyatakan secara pasti kemana masa depan Mas Bamsoet akan mengalir. Tapi, potensi Mas Bamsoet akan semakin membesar dengan berjalannya waktu ke masa depan,” tuturnya.

Baca juga : Anggota DPR Wayan Sudirta Beri Catatan Ini

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menuturkan, sejak menjabat Ketua Komisi III DPR, perhatian Bamsoet pada Polri sangat besar. Selain mengkritisi hal-hal yang dirasakan masih kurang di jajaran Polri, Bamsoet selalu memberi solusi dan penuh gagasan. “Bagi saya pribadi, Bamsoet adalah sosok pemimpin yang solutif. Selalu memberikan saran dan menyampaikan masukan,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.