Dark/Light Mode

Demi Kedaulatan Energi, Anggota Komisi VII DPR Dorong Pemerintah Kuasai PT Vale

Jumat, 14 Oktober 2022 08:34 WIB
Anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar
Anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar

 Sebelumnya 
Dikatakan, dalam RDP sempat berkembang gagasan bagaimana Mind Id dipersiapkan untuk akusisi saham PT Vale mayoritas sebesar 51 persen, lebih besar dari saham negara yang saat ini hanya sebesar 20 persen.

"Komisi VII pun akan melanjutkan pembahasan Regulasi terkait Divestasi Saham PT Vale, seperti usulan merevisi PP 77 Tahun 2014 mengenai skema divestasi," katanya.

Baca juga : Bamsoet Dorong DPR-Pemerintah Selesaikan Revisi UU Desa

Selain itu, Gunhar menambahkan bahwa akan banyak keuntungan yang didapat oleh negara dengan mengakuisisi PT Vale Indonesia, di tengah meningkatnya harga komoditas seperti nikel. 

Bahkan menurutnya, saat ini nikel merupakan komoditas unggulan yang dapat menjadi salah satu penopang utama sumber pendapatan Negara, seiring dengan strategi hilirisasi.

Baca juga : Komisi VI DPR Dorong BUMN Terus Berpihak Ke Ekonomi Rakyat

“Saat ini saja, Indonesia dikabarkan mendapatkan 'durian runtuh' atau keuntungan yang besar dari hasil ekspor nikel yang sudah masuk dalam proses hilirisasi. Keuntungan negara dari ekspor yang di dapat pada tahun ini saja mencapai sekitar 30 miliar dolar AS atau Rp 450-an triliun ,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.