Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

OSO: Pancasila Bukan Ideologi Impor

Rabu, 7 Agustus 2019 14:55 WIB
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta di tengah ribuan mahasiswa saat memberi Kuliah Umum dan Transfer Energi Pancasila dan Narasi Kebangsaan, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Rabu (7/8). (Foto: Humas MPR)
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta di tengah ribuan mahasiswa saat memberi Kuliah Umum dan Transfer Energi Pancasila dan Narasi Kebangsaan, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Rabu (7/8). (Foto: Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang (OSO), menegaskan, hanya Pancasila ideologi yang paling cocok untuk bangsa Indonesia. Sebab Pancasila bukanlah ideologi impor yang berasal dari luar negara ini, melainkan ideologi yang lahir dari pemikiran para founding fathers.

"Pancasila bukan ideologi impor. Pancasila dilahirkan oleh anak-anak muda, tokoh politik, ulama, cerdik pandai, tokoh daerah, founding fathers bangsa ini," kata OSO saat memberi Kuliah Umum dan Transfer Energi Pancasila dan Narasi Kebangsaan, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Rabu (7/8).

Dalam acara ini, OSO begitu energik dan interaktif. Ia tak hanya berdiam diri di panggung. OSO beranjak dari podium, turun panggung dan mendatangi ribuan mahasiswa di depannya. Setelah bertanya-tanya dengan sejumlah mahasiwa, OSO kembali menerangkan pentingnya menjaga Pancasila.

Baca juga : Pancasila Terlupakan, Pemilu 2019 Gaduh

Nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila, sebut OSO, digali dari nilai asli Indonesia. Pancasila bukan hanya menjadi ideologi bangsa, tapi terbukti ampuh menjadi pemersatu. Masyarakat Indonesia dari Aceh hingga Papua, hidup tentram berdampingan di bawah Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Kekuatan ampuh Pancasila sebagai pemersatu bangsa, lanjut OSO, pernah diprediksi Presiden Soekarno. Saat itu, Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito dan Soekarno bertemu. Keduanya saling bertanya soal nasib bangsa masing-masing sepeninggal mereka.

Kata OSO, saat itu Tito membanggakan tentaranya yang hebat. Tito yakin, tentaranya bisa menjaga Yugoslavia. Sedangkan Soekarno menyatakan yakin Pancasila bisa menjaga bangsa Indonesia. "Aku tidak khawatir, aku mewariskan kepada bangsaku, way of life, Pancasila," ucap OSO, menirukan ucapan Soekarno waktu itu.

Baca juga : B30 Bisa Tekan Impor Solar

Semua itu, lanjut OSO, sudah terbukti. Yugoslavia, yang dulu tentaranya kuat, sekarang hancur menjadi beberapa negara. Padahal sukunya tak banyak berbeda seperti Indonesia. 

"Sementara Indonesia, banyak pulau, berbagai suku, agama, golongan, masih tegak berdiri, belum terpecah. Kuncinya Pancasila, yang sudah menjadi pandangan hidup sekaligus alat pemersatu," ungkap OSO, berapi-api.

Dia pun prihatin dan sangat menentang munculnya paham radikalisme serta mulai beraninya pihak yang ingin mengabaikan dan menggantikan Pancasila. Dia pun mengajak hal tersebut dihalau. Untuk itu, dibutuhkan ikrar, dialog, dan tukar pikiran seperti yang dilakukan Universitas Riau. 

Baca juga : Pancake Bikin Kere

OSO berharap, kampus-kampus, lembaga pendidikan, dan elemen lain di berbagai daerah mencontoh inisiatif Universitas Riau. "Berarti mahasiswa Riau ini kan sadar bahwa akan ada kehancuran bila tidak mencegah dari sekarang. Ini harus saya apresiasi," ucap pria yang juga menjabat Ketua DPD RI.

Di ujung kuliah umum, OSO bersama Rektor Univeristas Riau, Prof Aras Mulyadi, dan ribuan mahasisa baru Univeristas Riau melakukan Deklarasi Riau Menjaga Pancasila dan Menolak Paham Radikalisme. Ada empat poin deklarasi. Pertama, siap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kedua, menolak dengan tegas paham radikalisme, terorisme, intoleransi dan menjauhi narkoba. Ketiga, menolak setiap peredaran berita hoaks dan bohong. KKeempat, siap menjaga perstauan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI. 

Di tempat yang sama, anggota MPR, Gede Pasek Suardika, juga mengingatkan pentingnya menjaga keberstauan yang berhasil dipertahankan hingga 74 tahun Indonesia merdeka. "Kita sudah belajar bersatu sejak dulu. Bahasanya persatuannya saja Melayu, bukan Jawa. Padahal Jawa penduduknya paling banyak. Di situlah pendiri bangsa kita ini sangat berjiwa besar. Bangun dan jaga terus mental persatuan, yang sudah susah payah diperjuangkan founding fathers," ingatnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.