Dark/Light Mode

Kondisi Global Sedang Tidak Baik

Ekonomi Nasional Tetap Terkendali

Senin, 8 Mei 2023 07:50 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin. (Foto: Antara)
Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin mendorong optimistis pertumbuhan ekonomi tetap terkendali dengan baik hingga akhir tagun ini. Diharapkan, pertumbuhan ekonomi 5,03 persen tahun ini bisa terus terjaga hingga tahun 2024.

Mukhtarudin bilang, se­jumlah indikator pertumbuhan ekonomi mesti dikendalikan dan diperkuat lagi. Hal ini untuk menghadapai situasi perekono­mian yang masih dihantui keti­dakpastian terhadap perekono­mian global yang tidak menentu.

Dia yakin, situasi perekono­mian nasional akan tetap tum­buh dengan baik hingga tahun depan. Apalagi, saat ini daya beli masyarakat tetap terjaga bahkan mengalami pertumbuhan.

Baca juga : Prof Tjandra Bahas Global Health Reset Di Simposium Internasional Turki

“Dengan semakin tingginya aktivitas masyarakat, sumber pertumbuhan ekonomi yang berasal dari konsumsi rumah tangga mengalami pertumbuhan 4,54 persen secara tahunan,” ujar anggota Badan Anggaran DPR ini.

Permintaan konsumsi rumah tangga, lanjutnya, bisa tetap tumbuh di atas 5 persen. Dengan demikian, inflasi di Indonesia juga harus dikendalikan.

“Confidence dari konsumen harus dijaga. Momentum in­vestasi juga mesti terus diper­kuat,” pungkasnya.

Baca juga : OJK Yakinkan Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Nasional Tetap Terjaga

Anggota Komisi VI DPR Nasim Khan mengapresiasi stabilnya stok dan harga pangan saat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Kendari masih dite­mukan sejumlah persoalan di beberapa titik, namun keterse­diaan stok pangan menghadapi Hari Raya Besar Keagamaan Nasional dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Kita harapkan ke depan untuk persiapan Idul Adha dan juga persiapan Natal dan Tahun Baru bisa lebih baik lagi,” harap Nasim Khan.

Dia pun berharap, stabilnya stok dan harga pangan yang terjadi ini dapat mendorong para stakeholder untuk bisa meningkatkan sinergitas. Hal ini guna memastikan kebutuhan masyarakat tetap tersedia dengan harga terjangkau. Kebutuhan pangan, stok, harga dan kualitas­nya juga harus bisa benar-benar terjamin.

Baca juga : Penumpang KA Kelas Ekonomi Dominasi Angkutan Lebaran

“Harapan masyarakat, pangan tercukupi dengan harga ter­jangkau bisa terpenuhi. Jadi, seluruh lapisan masyarakat mampu membeli pangan, tentu­nya dengan kualitas yang baik,” harap Nasim Khan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.