Dark/Light Mode

Soal Pembentukan Cyber Army Di TNI

DPR: Lawannya, Musuh Asing

Senin, 14 Agustus 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi I DPR Al Muzzammil Yusuf. (Foto: dok. Fraksi PKS)
Anggota Komisi I DPR Al Muzzammil Yusuf. (Foto: dok. Fraksi PKS)

 Sebelumnya 
“Mereka punya seragam hijau untuk AD, seragam putih untuk AL, seragam biru AU dan abu-abu untuk Angkatan Digital dan Intelijen,” jelas Andi.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR Christina Aryani menilai, pembentukan Angkatan Siber di TNI merupakan ide menarik yang tentu membutuhkan kajian matang dan komprehensif. Kajian tersebut juga mempertimbangkan struktur organisasi TNI yang sudah ada, rekrutmen, sumber daya manusia (SDM), dukungan anggaran dan melihat praktiknya di negara lain.

Baca juga : Soal Jabatan Di Pemerintahan, Mahfud Saingi Luhut

“Banyak yang harus dipertimbangkan, mengingat saat ini kita juga sudah punya Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). TNI sendiri juga memiliki unit siber di masing-masing angkatan. Intinya dikaji dulu secara ilmiah dan komprehensif,” kata politisi Fraks Golkar ini.

Dia menegaskan, pembentukan Angkatan Siber memiliki dampak dan konsekuensi bagi TNI sendiri. Karenanya, perlu kajian dari struktur organisasi dan kelembagaan di TNI, pola rekrutmen, SDM, jenjang karier dan daya dukung anggarannya.

Baca juga : Ten Hag Tunjuk Langsung

“BSSN saja daya dukung ­anggarannya masih sangat ­minim. Nah kalau ada angkatan baru di TNI untuk pasukan siber, bagaimana dukungan anggarannya nanti. Intinya sebagai ide oke dan menarik, dan bisa jadi relevan. Tinggal dikaji saja secara ilmiah,” tambahnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 14/8/2023 dengan judul Soal Pembentukan Cyber Army Di TNI, DPR: Lawannya, Musuh Asing

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.