Dark/Light Mode

Kembali Jadi Anggota Dewan HAM PBB

RI Bisa Serukan Perdamaian Dan Kemerdekaan Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi I DPR Sukamta. (Foto: dok. DPR )
Anggota Komisi I DPR Sukamta. (Foto: dok. DPR )

 Sebelumnya 
Kepercayaan dunia yang tinggi kepada Indonesia ini, lanjutnya, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, terutama dalam mewujudkan ke­merdekaaan bagi Palestina. Bahwa, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui dan mendukung Indonesia bah­kan sebelum Indonesia merdeka yaitu sejak 6 September 1944.

Saat pemilihan anggota De­wan HAM PBB, terjadi pelanggaran HAM Israel terhadap Palestina. Yaitu penyerangan terhadap negara berdaulat, pem­bunuhan terhadap wanita dan anak-anak dengan menggunakan bom fosfor.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (9): Perspektif Agama Hindu (3)

“Sayangnya, negara-negara barat masih diam dan memiliki standar ganda. Nah Indonesia harus tegas dan aktif mencegah terjadinya pelanggaran HAM khususnya di Palestina,” tegas politisi asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Sementara anggota Komisi I DPR Christina Aryani men­dukung langkah Kemenlu untuk segera melakukan evakuasi ­terhadap warga negara Indonesia (WNI) dari Palestina dan Israel. “Kami mendukung penuh upaya Kemenlu untuk memulangkan WNI ke tanah air,” ucapnya.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Kedaulatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Adat

Christina mendukung kebijakan pemerintah melarang WNI untuk bepergian ke Palestina dan Israel. Ia menyatakan prihatin dengan memanasnya situasi ­perang antara Israel dan Palestina yang menyebabkan jatuhnya banyak korban meninggal dunia dan luka-luka.

“Situasi perang sangat memprihatinkan kita semua. Harus dihentikan atas nama kemanusiaan,” tegasnya.

Baca juga : Wapres Kawal Langsung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua

Politisi Beringin daerah pe­milihan DKI Jakarta ini berha­rap, rencana kontingensi termasuk evakuasi WNI dari Palestina dan Israel berjalan lancar. “WNI kami imbau agar aktif mem­bangun komunikasi dengan KBRI Amman, KBRI Kairo, dan KBRI Beirut untuk mendapatkan update informasi situasi di sana,” harapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 14/10/2023 dengan judul Kembali Jadi Anggota Dewan HAM PBB, RI Bisa Serukan Perdamaian Dan Kemerdekaan Palestina

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.