Dark/Light Mode

Distribusikan 640 Ribu Ton Pangan Murah

Negara Hadir Tekan Inflasi

Selasa, 17 Oktober 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: dok. Fraksi PKS)
Anggota Komisi IV DPR Hermanto. (Foto: dok. Fraksi PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai pendistribusian bantuan pangan bagi masyarakat telah berjalan cukup baik. Program bantuan pangan ini merupakan kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah, Badan Pangan Nasional (Bapanas), Badan Urusan Logistik (Bulog) dan DPR.

Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengatakan, ban­tuan pangan merupakan wujud kepedulian negara, terutama untuk masyarakat yang paling terdampak akibat kenaikan harga bahan pangan. Diharapkan, masyarakat dapat terbantu per­ekonomiannya dengan adanya bantuan pangan ini.

Baca juga : Diramaikan Festival Hijau, Taman Kota Peruri Berkonsep Garden City

“Tentu yang namanya bantuan tidak bisa permanen. Sampai kapan? Tergantung hasil evaluasi dan kesepakatan Pemerintah, DPR, Bapanas serta Bulog,” ujar politisi PKS ini saat melakukan pengawasan atas penyaluran bantuan pangan bagi masyarakat di Kota Padang Panjang, Suma­tera Barat, kemarin.

Sementara, Plt Menteri Perta­nian Arief Prasetyo Adi mendo­rong para kepala daerah untuk memperkuat produksi pangan guna menekan inflasi.

Baca juga : Perumda Dharma Jaya Jamin Distribusi Subsidi Pangan Murah KJP Tepat Sasaran

Seluruh pihak terutama para pejabat eselon I Kementan di­minta merealisasikan target produksi beras sebanyak 35 juta ton pada musim panen nanti. Target tersebut mengalami peningkatan dari target sebelum­nya yang hanya 31 juta ton.

Arief mengatakan, sejatinya setiap daerah memiliki tanggung jawab yang sama dalam meng­hadirkan kecukupan beras. Kare­na itu, ia berjanji akan memberi­kan reward atau hadiah khusus bagi daerah yang mampu mem­produksi beras secara tinggi. Melalui cara ini, Indonesia me­miliki pangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

Baca juga : KLHK Pastikan Tidak Terjadi Asap Lintas Batas Negara Hingga Hari Ini

“Kementan akan memberi­kan reward untuk saudara-saudara kita di dinas perta­nian seluruh Indonesia yang mampu memproduksi beras cukup banyak,” ujar Arief yang juga Kepala Bapanas ini saat menggelar Hari Pangan Sedunia bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Pusat Kementan, Senin (16/1/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.