Dark/Light Mode

Gobel Optimistis, Gorut Bisa Jadi Lokomotif Kemajuan Gorontalo, Ini Alasannya

Minggu, 10 Desember 2023 14:33 WIB
Caleg DPR RI dari Partai NasDem Rachmat Gobel saat berkampanye di Gorontalo Utara (Gorut), Sabtu (9/12/2023). (Foto: Istimewa)
Caleg DPR RI dari Partai NasDem Rachmat Gobel saat berkampanye di Gorontalo Utara (Gorut), Sabtu (9/12/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon anggota DPR RI dari Partai NasDem untuk Daerah Pemilihan Gorontalo, Rachmat Gobel optimistis, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dapat menjadi lokomotif serta motor pembangunan dan kemajuan untuk perubahan Provinsi Gorontalo.

“Ini karena di Gorut ada pembangunan pelabuhan internasional Anggrek, yang diintegrasikan dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus,” kata Gobel, Sabtu (9/12/2023).

Gobel melakukan kampanye pertama untuk Pemilu Legislatif 2024 di Gorontalo Utara. Kampanye ini dihadiri oleh semua caleg DPR RI dari Partai Nasdem.

Selain Gobel, ada Prof. Dr. Rustam Akili dan Prof. Dr. Winarni Monoarfa. Hadir pula caleg DPRD Provinsi dan caleg DPRD Kabupaten Gorut, Ridwan Monoarfa dan Roni Imran.

Kampanye meriah itu dihadiri lebih dari 1.000 orang. Gobel dijemput massa dengan iring-iringan sepeda motor dan mobil bak terbuka, oleh para pendukungnya.

Baca juga : Gobel: Milenial, Andalan Kemajuan Gorontalo

Gobel mengaku sengaja memilih Gorut, karena di wilayah itu akan dibangun dua pusat ekonomi dengan nilai investasi Rp 1,4 triliun, dan akan menyerap sekitar 100 ribu tenaga kerja.

“Pelabuhan Anggrek menjadi pintu gerbang ekspor, sehingga bisa menghela ekonomi Gorontalo,” katanya.

Gobel menjelaskan, Gorut memiliki posisi strategis karena relatif dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Sehingga, pembangunan Pelabuhan Anggrek dan Kawasan Ekonomi Khusus diyakini mampu menopang keberadaan IKN.

"Gorut bisa menjadi lumbung pangan dengan membangun pertanian, perikanan, dan industri pangan. Tak hanya untuk IKN, tetapi juga untuk pasar internasional. Tanah Gorontalo sangat subur. Laut sekitar Gorontalo, juga kaya ikan," papar Gobel.

Lahirnya dua pusat ekonomi ini, merupakan upaya strategis untuk mengurangi kemiskinan di Gorontalo. Maklum, sejak menjadi provinsi pada tahun 2000,  Gorontalo bertahan sebagai provinsi termiskin kelima di Indonesia.

Baca juga : Moeldoko Optimis Korsel Jadi 5 Besar Investor Terbesar RI

Gobel meyakini, dua pusat ekonomi ini dapat membuka lapangan kerja yang besar dan menciptakan peluang berusaha.

“Mengurangi kemiskinan bukan dengan membagikan bansos atau sembako, karena itu hanya bersifat sementara. Yang terpenting, kita harus menciptakan lapangan kerja dan peluang berusaha,” jelas Gobel.

Dalam kampanye itu, Gobel mengemukakan apa saja yang sudah dilakukannya selama menjadi anggota DPR. Antara lain, menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, yang juga menjadi arena rekreasi keluarga. Seperti penataan Danau Perintis, Pantai Tamendao, perkampungan suku Bajo di Torosiaje, dan merias Menara Limboto dengan lampu. Di samping menyelenggarakan berbagai festival seperti Festival Pantai Bolihutuo, Festival Ikan Tuna, Festival Musik Milenial, dan Festival UMKM.

Selain itu, Gobel juga membangun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berstandar internasional.

“Jika NasDem menang di Gorontalo, PAUD sejenis akan dibangun di 77 kecamatan di Gorontalo,” ujar Gobel.

Baca juga : Pertamina Serius Kembangkan Potensi Energi Hidrogen, Ini Alasannya

Pada kesempatan yang sama, Rustam Akili mengatakan, NasDem adalah partai yang tidak menerapkan mahar untuk para caleg. Selain itu, NasDem juga memiliki prinsip koalisi tanpa syarat, saat mengusung calon kepala daerah maupun calon presiden.

Sementara Winarni Monoarfa menyampaikan pengalamannya, baik sebagai dosen ataupun birokrat.

Dia juga mengemukakan pentingnya sinergi semua pihak, dalam membangun Gorontalo. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :