Dark/Light Mode

Teruskan Berantas Peredaran Narkoba

Kinerja BNN Di 2023 Dinilai Sudah Bagus

Sabtu, 30 Desember 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mengapresiasi kinerja Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkotika dan obat-obatan terlarang sepanjang tahun 2023. Diharapkan, upaya pemberantasan barang haram ini lebih gencar lagi dilakukan mengingat peredarannya semakin masif.

Anggota Komisi III DPR Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan, pada dasarnya kinerja BNN sudah bagus. “Dalam arti, jika dibandingkan tahun sebelumnya, kinerja BNN jauh lebih baik. Ada pening­katanlah,” tegas Andi Rio saat dihubungi, kemarin

Baca juga : Tak Proses Pengunduran Diri Firli, Istana Dinilai Sudah Tepat

Dia mengingatkan, upaya me­merangi peredaran narkoba ini tidak bisa hanya mengandalkan BNN semata. Perlu keterlibatan semua pihak, baik pemerintah pusat, daerah, hingga masyara­kat luas.

“Kita mendukung setiap upaya memberantas narkoba ini dan memang perlu kerja keras BNN untuk itu. Cuma yang harus kita pahami, BNN tidak bisa sendiri. Harus bekerja sama dengan kementerian/lembaga lain, ber­sama seluruh stakeholders dan segenap masyarakat,” tegas politisi Fraksi Golkar ini.

Baca juga : Tumbuh 20 Persen, BNI Genjot Kinerja BNIDirect Akhir Tahun

Dia mengingatkan, hampir 70 persen Lembaga Pemasyaraka­tan (LP) di seluruh Indonesia diisi para narapidana narkoba. Ironisnya, peredaran narkotika saat ini malah dikendalikan dari dalam LP. Untuk itu, koordi­nasi BNN dengan kementerian/lembaga lain mutlak diperlukan untuk memutus mata rantai distribusi barang haram ini.

“Kerja sama dan koordinasi ini diperlukan untuk mening­katkan pengawasan, penegakan hukum dalam rangka pengen­dalian peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di LP,” tegasnya.

Baca juga : Pancasila Perwujudan Nilai-nilai Agama dan Keluhuran Bangsa

Andi Rio mendorong agar pendekatan hukum dalam pem­berantasan narkoba ini juga mengedepankan rehabilitasi. Namun rehabilitasi ini hanya di­berikan kepada pemakai narkoba dan hendaknya diterapkan secara hati-hati.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.